Jalan Tol Baru Berdebu dan Berkerikil. Malapetaka Bagi AC Mobil?

Jalan Tol Baru Berdebu dan Berkerikil. Malapetaka Bagi AC Mobil?

Beberapa jalan tol baru pada trans Jawa dipastikan sudah bisa dilintasi untuk mudik Lebaran 2017. Tol tersebut antara lain tol Brebes Timur-Gringsing dan Ngawi-Kertosono. Dengan status fungsional, kondisi jalan tol ini sebenarnya masih belum selesai 100% tahap pembangunannya.

Debu, kerikil dan pasir pun dipastikan akan ditemui pemudik dan siap mengotori mobil yang melintasi tol tersebut. Tapi ternyata hal ini punya dampak negatif ke sistem pendingin kabin alias AC. 

Seperti yang diungkap oleh Robbit, teknisi Nissan yang OtoDriver temui di rest area KM 57 tol Cikampek (19/6), kerikil yang acap menghantam kolong dan bagian depan mobil bisa merusak kondensor AC.

 

 

"Posisi kondensor kan di depan, kalau misal kena kerikil bisa bocor kalau sudah parah. Pengaruhnya ke AC, jadi indikasinya AC bisa tidak dingin. Bahkan bisa sama sekali tak bekerja," ujar Robbit.

Debu yang terangkat ke udara juga jadi masalah bagi filter AC. Karena debu yang tersaring dan menyangkut di filter AC, maka kerja kompresor AC juga jadi lebih berat. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus maka indikasi kerusakan dengan tidak dinginnya AC bisa terjadi.

Maka, Robbit menyarankan untuk mengecek filter AC sebelum berangkat mudik. Jika perlu bahkan segera ganti baru. Selain itu, saat melintasi jalan tol fungsional pastikan kaca jendela tertutup rapat dan biarkan AC bekerja. Jangan terlalu melaju dalam kecepatan tinggi dan jaga jarak dari kendaraan di depan untuk menghindari terpentalnya kerikil dan material lain.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com