Honda CR-V Bersiap Jadi Hybrid di 2018, Ini Kecanggihannya

Honda CR-V Bersiap Jadi Hybrid di 2018, Ini Kecanggihannya

Honda CR-V sudah ada model baru lagi, kali ini ia bukan cuma pakai mesin 2.000 cc yang sangat menggoda, tapi juga bermesin hybrid. Tenang, model ini belum dijual alias masih prototipe.

Cikal bakal CR-V terbaru ini tengah dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2017, Jerman dan cukup menyita perhatian dunia. Bagaimana tidak, mesin 2.000 cc i-VTEC peminum bensin dipadu dengan dua motor listrik i-MMD alias Intelligent Multi-Mode Drive.

Secara tampilan eksterior nyaris tak ada bedanya dengan non-hybrid

 

Sistem hybridnya sendiri bahkan disebut tak pakai transmisi konvensional, ia terhubung dengan sebuah fixed-gear ratio yang menghubungkan setiap komponen penggerak. Dalam siaran persnya (5/9), Honda Eropa mengklaim sistem ini menjadikan transfer daya motor listrik ke energi gerak jadi lebih smooth walau torsinya besar.

Semakin menarik, teknologi i-MMD temuan Honda ini memungkinkan pengemudi memilih 3 mode berkendara. Yakni EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. Pada pilihan EV Drive, CR-V akan berjalan dengan sepenuhnya dari tenaga baterai dan motor listrik tanpa menghasilkan emisi sedikitpun.

Sedangkan ketika memilih Hybrid Drive, maka mesin bensin akan menyuplai tenaga untuk generator listrik yang menggerakkan dinamo. Maka ketika berjalan, tenaga penggerak utama tetaplah dari motor listrik. 

CR-V Turbo yang baru beberapa bulan eksis di Indonesia

Baru ketika mode Engine Drive dipilih, maka mesin bensin sepenuhnya bekerja memberi tenaga. Tapi pada putaran dan kondisi tertentu, motor listrik juga bisa secara otomatis memberi 'boost' untuk memberi lecutan tenaga.

Bahkan menggunakan sistem serupa, CR-V purwarupa ini juga tersedia dalam mesin bensin 1.500 cc. Sayangnya sampai saat ini Honda belum merilis besaran tenaga baik dari mesin bensin dan dinamo listriknya tersebut. 

Namun yang pasti, Honda memastikan akan mulai menjualnya tahun depan di Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com