Panduan Membeli Toyota Camry Generasi VI Alias XV40

Penulis: Aditya Widiutomo
Selasa, 31 Januari 2023 09:00 WIB
Used Car - Panduan Membeli Toyota Camry Generasi VI Alias XV40
Bagikan ke:
Toyota Camry generasi ke-6 dengan kode bodi XV40 merupakan full sizeˆsedan yang cukup diminati.

Toyota Camry generasi ke-6 dengan kode bodi XV40 merupakan full sizeˆsedan yang cukup diminati. Dengan harga jualnya yang kini terpantau murah, namun pengguna dapat menikmati sebuah Camry yang bahkan kami anggap kenyamannya tidak luntur sejak pertama kali diluncurkan.

Mobil ini dipasarkan dari tahun 2006 hingga 2012. Ada beberapa varian yang dipasarkan, yakni tipe 2.4 G, 2.4 V, dan 3.5 Q. Semua varian dibekali dengan transmisi otomatik.

Tipe 2.4 G hadir dengan kelengkapan interior jok fabric, wood panel lebih minim dibandingkan varian lainnya, instrument cluster tanpa MID, tanpa remote keyless, dan pengaturan jok masih manual.

Foto - Panduan Membeli Toyota Camry Generasi VI Alias XV40

Tipe 2.4 V tentu berbekal fitur yang lebih mantap. Seperti jok kulit, electric seat baik di kursi pengemudi dan penumpang sisi kiri, Keyless dengan Engine Start Stop, Instrument Cluster dengan MID, serta setir dengan tommbol multifungsi dengan pengaturan tombol audio dan AC. Varian ini menjadi varian yang paling kami rekomendasikan karena fitur yang komplit namun penggunaan mesin dengan kapasitas 2.400 cc yang lebih kecil dibandingkan varian 3.5 Q. Tentunya perawatan mesin akan lebih mudah serta lebih irit konsumsi BBM.

Sementara varian terakhir adalah 3.5 Q. Semua fitur yang ada di varian bawahnya hadir semua di varian ini namun ada beberapa tambahan fitur. Di antaranya interior kulit berwarna hitam, sunroof, serta pengaturan jok baris kedua yang bisa diatur tingkat recline-nya secara elektrikal. Tidak hanya itu, varian ini memiliki mesin yang paling bertenaga serta halus karena penggunaan konfigurasi silinder V6.

History Toyota Camry XV40

2006 Muncul mengganti posisi XV30

2010 Facelift ringan di bagian lampu depan, grill, pelek dan lampu belakang

2012 Berganti generasi ke XV50

Foto - Panduan Membeli Toyota Camry Generasi VI Alias XV40

Kelebihan

Eksterior masih terasa berwibawa

Kenyamanan khas sedan mewah

Harga mobil terjangkau setara LCGC bekas

Konsumsi BBM tergolong irit (untuk mesin 2.400 cc)

Durable khas Toyota

Spare Part mudah ditemukan

Kekurangan

Konsumsi BBM boros (untuk mesin 3.500 cc)

Pajak Kendaraan agak mahal

Material kulit mudah rusak seiring bertambahnya umur

 

Check list

Service Record

Camry generasi keenam terkenal sebagai mobil yang digunakan oleh konsumen menengah ke atas. Namun, karena spare part Toyota yang terkenal berlimpah, tentunya banyak penggunanya yang tidak mengandalkan bengkel resmi. Rekaman Service Record tentu menjadi salah satu jaminan mobil, namun khusus untuk Camry setidaknya selama 7 tahun guna mengetahui kilometer yang telah ditempuhnya.

“Camry merupakan mobil yang banyak digunakan oleh badan perusahaan baik swasta maupun BUMN ataupun konsumen menengah ke atas. Umumnya saat tangan pertamanya, perawatan Camry ditangani oleh bengkel resmi. Jadi pastikan service record beres ada minimal 5-7 tahun,” ujar David selaku pemilik bengkel spesialis Toyota Dunia Usaha Motor di kawasan Tangerang Selatan.

Interior

Khusus untuk varian yang dilengkapi jok kulit, umumnya material kulitnya sudah rusak, khususnya di bagian jok kanan, door trim kanan depan, dan kulit di lingkar kemudi.

Tidak hanya itu, dasbor seringkali bergelombang bahkan terparahnya mengalami keretakan

Sensor-sensor

Hal yang perlu diperhatikan dan ditemukan masalah  pada Toyota Camry XV40 yaitu pada sensor-sensornya yang mulai mati akibat termakan usia. Sensor-sensor itu meliputi sensor untuk VVT-I dan noken as.

Engine Mounting

Mungkin engine mounting menjadi penyakit di setiap mobil lawas. Namun jika komponen ini mengalami kerusakan, Anda harus menyiapkan kocek ekstra. Pasalnya, Camry dilengkapi dengan lima buah engine mounting dan harga jual parts-nya tergolong mahal.

Daftar Harga

Tipe G selalu lebih murah Rp 10-15 juta dibandingkan tipe V dan Q. Tidak hanya itu, harga Toyota Camry dengan jarak tempuh 50.000 km alias mobil simpanan juga memiliki banderol harga yang berbeda tergantung penjual.

2007-2008: Rp 110 juta-Rp 120 juta

2009-2010: Rp 120 juta-Rp 130 juta

2011-2012: Rp 130 juta-Rp 150 juta

#toyota #camry

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.