Memilih Mobil Bekas Bukan Korban Kebanjiran

Memilih Mobil Bekas Bukan Korban Kebanjiran

Membeli mobil versi bekas tentunya masih menjadi salah satu pilihan. Namun, jika Anda hendak membeli mobil bekas tentunya kondisi kendaraan itu sendiri adalah hal yang tidak bisa dikompromi.

Beberapa waktu lalu, wilayah Jabodetabek sempat dilanda banjir cukup hebat. Selain banyak mobil yang diperbaiki, mobil korban banjir tentu juga banyak yang akan dijual oleh sang pemilik.

Foto: Christo

 

 

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengetahui mobil bekas tersebut merupakan bekas kebanjiran atau tidak? Lucky selaku pemilik showroom Lucky Used Autocar menjelaskan beberapa hal yang harus di crosscheck oleh calon pembeli.

“Pastikan mobil yang Anda pilih terbebas dari rendaman air banjir. Cara yang pertama adalah perhatikan bagian bawah jok alias rel jok. Pastikan bagian ini tidak ditemukan karat,” ujarnya saat dihubungi oleh Tim OtoDriver (9/1).

Rangka jok yang berkarat dan kotor salah satu indikator bekas kebanjiran

 

 

Lucky juga menjelaskan berbagai hal selanjutnya yang harus diperhatikan. “Selain itu juga, pastikan karpet dasar tidak kotor. Tak hanya itu, ketika memasuki ruang kabin, pastikan interiornya tidak berbau apek,” lanjutnya. Anda bisa buka karpet dasar dan pastikan tak ada bekas lumpur yang menempel.

Lebih spesifik, Lucky menghimbau agar memperhatikan komponen tertutup.

“Jika memungkinkan, perhatikan kabel-kabel yang terletak di balik dasbor. Pastikan soket-soket kabel tidak berkarat,” tutupnya. 

Pengecekan di atas merupakan hal yang paling mudah dilakukan saat hendak meminank mobil bekas incaran. Selebihnya Anda bisa tanya lebih detail mengenai sektor mesin, bila perlu mintalah sesi test drive untuk memastikan kondisi mesin dan kaki-kaki masih baik. 

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com