Dampak Membiarkan Aki Dalam Kondisi Kendor

Seiring dengan pemakaian, acapkali aki mobil ditemukan dalam keadaan kendor.
Penulis: Aditya Widiutomo
Senin, 9 September 2024 13:00 WIB
Tips - Dampak Membiarkan Aki Dalam Kondisi Kendor
Bagikan ke:

OTODRIVER – Seiring dengan pemakaian, ada kalanya aki mobil ditemukan dalam keadaan kendor. Tentu jika kendor, aki mobil tentu akan bergoyang ketika mobil digunakan.

Rupanya kondisi seperti ini sangat tidak dianjurkan. Ahmad selaku mekanik Shop and Drive cabang Fatmawati menjelaskan bahwa bracket aki harus dipasang dengan sempurna agar komponen di dalam aki tidak mengalami kerusakan.

Foto - Dampak Membiarkan Aki Dalam Kondisi Kendor
Ilustrasi aki mobil

"Bracket itu harus dipasang sempurna sampai aki tidak bergoyang. Karena, aki yang bergoyang berpotensi plat sel aki patah. Plat sel aki patah berarti sudah tidak berfungsi, dan bisa terjadi induksi di dalam aki," ungkapnya ketika diwawancarai oleh tim OtoDriver beberapa waktu lalu.
Jika sel aki mengalami patah, maka komponen aki itu sendiri berpotensi rusak total.
"Karena ada proses penghantar listrik dimana antar sel aki saling bersentuhan dan terjadi induksi, aki rusak total," tambahnya

Jika tetap berfungsi normal, potensi kerusakan yang terjadi selanjutnya adalah terminal aki.

"Terminal aki yang ketahan kabel aki saat terpasang bisa retak bahkan patah. Timah terminal aki itu lunak jadi mudah retak atau patah jika ada guncangan berlebih," papar Ahmad.

"Saat aki bekerja itu ada panas, air aki bisa menguap dan keluar lewat bagian terminal aki yang rusak," tutupnya.

Jadi, pastikan kondisi aki mobil Andadalam keadaan terpasang sempurna, ya! (AW).

 

#tips #aki

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.