5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengemudi Dalam Kondisi Hujan Lebat

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengemudi Dalam Kondisi Hujan Lebat

OTODRIVER - Memasuki bulan Januari, cuaca hujan kembali mengguyur sebagian besar kota di Indonesia. Saat hujan turun, risiko kecelakaan dan kendala dalam berkendara meningkat signifikan. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk memahami dan menerapkan tips berkendara yang aman dalam cuaca hujan.

Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) pernah berbicara ke Otodriver, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengemudi dalam kondisi hujan lebat. Berikut 5 hal yang perlu dicermati :

1. Hindari manuver tiba-tiba

Ketika hujan turun, permukaan jalan menjadi licin sehingga menyebabkan cengkeraman antara ban dan jalanan berkurang. Agar tidak kehilangan kendali kendaraan, sebaiknya hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat.

Selain itu, perlahan-lahan dalam mengemudi akan memberikan waktu lebih untuk merespons situasi darurat dan mencegah ban yang mungkin saja tergelincir.

Jangan mengemudi agresif, pertahankan laju mobil dengan stabil

2. Periksa dan pastikan seluruh sistem kendaraan dalam kondisi baik

Apa pun kondisi cuaca yang sedang terjadi, kondisi mobil harus tetap prima. Lakukan servis berkala ke bengkel resmi yang menyediakan suku cadang berkualitas dan didukung oleh teknisi andal.

3. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Jarak aman antara kendaraan adalah kunci keselamatan. Baik sedang hujan maupun tidak, pengemudi dianjurkan untuk selalu menjaga jarak aman demi keselamatan bersama. Menjaga jarak dengan aman dapat memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

4. Hindari daerah genangan air

Hujan dapat menyebabkan terbentuknya genangan air di beberapa bagian jalan. Terlebih jika jalan tersebut memiliki lubang atau ketinggian yang tidak merata.

Melintasi jalanan seperti itu di saat hujan jelas sangat berbahaya untuk keselamatan karena pengemudi tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut.

Apabila salah satu roda masuk ke dalam lubang, hal tersebut dapat menyebabkan kehilangan cengkeraman terhadap kendaraan.

5. Gunakan lampu kendaraan dengan tepat

Cuaca hujan menyebabkan visibilitas pengemudi terhadap keadaan di sekeliling menjadi berkurang, terutama saat hujan deras atau kabut.

Oleh karena itu pastikan menggunakan lampu kendaraan dengan tepat agar dapat melihat jalan dengan jelas dan menjadi lebih terlihat oleh pengemudi lain. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com