Waspadai Bagian Komponen Ini Apabila AC Mobil Anda Terasa Panas

Waspadai Bagian Komponen Ini Apabila AC Mobil Anda Terasa Panas

Pernahkah Anda merasakan AC mobil lebih panas dari biasanya? Tentu kondisi tersebut sangat menjengkelkan apalagi bagi yang menggunakan mobil untuk menemani mobilitas. 

Menurut Rezza Suwandi, Owner Wijaya Ac Mobil Sunter, banyak faktor yang menyebabkan AC lebih panas daripada biasanya. Lantas apa saja? 

"Banyak faktor, mulai dari kotor, freon kurang karena bocor, kipas fan mati, atau ada komponen AC yang bermasalah," katanya, saat dihubungi OtoDriver. 

Beberapa komponen di atas sendiri memang memiliki peran penting, seperti halnya freon yang merupakan bahan untuk memindahkan panas pada udara yang nantinya dihembuskan ke dalam kabin mobil. 

Artinya udara dingin menjadi dingin dikarenakan temperatur freon yang cukup. Ketika adanya kebocoran tentu dapat membuat udara yang keluar lebih panas dari biasanya. 

Kipas fan atau radiator merupakan sistem pendingin yang mengalirkan udara untuk masuk ke dalam mesin, apalagi ketika mobil dalam keadaan berhenti. 

Penting diketahui kipas tersebut memiliki dua jenis yaitu manual fan dan elektrik fan yang digerakkan oleh motor listrik, dikutip dari laman Suzuki. 

Selain itu penyebab AC mobil panas dikarenakan kondenser kotor. Ketika tidak dirawat dapat membuat kotoran mudah masuk membuat fungsi tidak maksimal. Kondenser juga bisa berkarat dan bisa menjadi salah satu penyebab AC tak dingin. 

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com