Masa Usia Pakai Ban Mobil Ternyata Tak Berpatokan pada Waktu

Masa Usia Pakai Ban Mobil Ternyata Tak Berpatokan pada Waktu

Masih menjadi perbincangan hangat terkait masa usia pakai sebuah ban mobil. Sebab, komponen satu ini menjadi sangat vital karena memiliki berbagai fungsi. 

Lantas apakah benar ban mobil memiliki masa usia pakai? Kali ini Zulpata Zainal, OVT GTRadial membeberkan jawaban yang masih menjadi pertanyaan banyak orang. 

"Ban itu pada dasarnya tidak ada masa usia pakai berdasarkan waktu, misalnya 2-5 tahun sejak dibuat," katanya saat dihubungi OtoDriver.com baru-baru ini. 

Menurut pria yang akrab disapa Zulpat ini, untuk memastikan ban masih layak digunakan berdasarkan sisa tinggi kembangan ban itu sendiri atau isilah Reamaining Skid Depth (RSD). 

"Bisa dilihat dari sisa tinggi kembangan kalau ban suah terlihat tanda Tread Wear Indicator (TWI) berarti harus segera diganti," tambahnya. 

Seperti diketahui TWI memiliki bentuk lapisan karet yang berbentuk groove sebuah ban, induktor tersebut dapat ditemukan dari segitiga pada setiap dinding ban. Ketika TWI sudah menyentuh rata telapak ban bisa segera menggantinya. 

 

"Karena kalau ban tetap digunakan itu akan terjadi penurunan kemampuan, apalagi ketika melewati jalan yang basah," paparnya. 

Jadi, masa usia pakai ban ternyata tidak berpatokan pada waktu, melainkan berdasarkan tinggi kembangan, ketika sudah menipis dan terus digunakan dapat berbahaya bagi banyak orang. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com