Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Air Radiator?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Air Radiator?

Banyak permasalahan yang bisa terjadi jika pengguna mobil tidak terlalu memperhatikan Air Radiator mobil. Sejatinya air radiator merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan mobil.

Air radiator yang jarang diganti bisa bikin radiator jebol. Business Opportunity Development PT Laris Chandra, Stanley Tjhie menghimbau air radiator perlu diganti secara berkala.

"Pada dasarnya, batas usia pakai air radiator hampir tidak ada. Tapi alangkah lebih baik mengganti setiap 5 tahun. Tapi dengan produk baru kami bisa bertahan 10 tahun," papar Stanley yang juga distributor radiator coolant Prestone di Jakarta, Selasa (22/2).

Menurutnya, panas dan air yang berada di dalam radiator jika tidak dilindungi aditif anti-corrotion inilah yang membuat radiator bisa berkarat. "Panas dari air radiator mengandung uap dan kondensasi yang berpotensi mengikat partikel air yang dapat menyebabkan korosi pada dinding radiator," papar Stanley. 

Oleh karena itu sebaiknya mengecek kondisi air coolant, jika warna nya sudah berubah menjadi lebih mudar, keruh, atau coklat dan kotor sebaiknya langsung diganti tanpa harus menunggu jarak tempuh.

Sebaiknya mengganti air radiator secara keseluruhan. Sering berkurangnya cairan radiator juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada komponen radiator.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com