Jangan Disepelekan, Wajib Periksa Ban Cadangan Sebelum Mudik Lebaran

Meski sifatnya situasional ban cadangan wajib masih bagus apalagi saat digunakan mudik lebaran.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Rabu, 19 April 2023 14:00 WIB
Tips - Jangan Disepelekan, Wajib Periksa Ban Cadangan Sebelum Mudik Lebaran
Bagikan ke:

Ban cadangan menjadi salah satu komponen yang penting diperhatikan sebelum mudik lebaran, meski jarang digunakan dan sifatnya tergolong situasional. 

Sebelum perjalanan mudik Anda wajib mengecek kondisi ban cadangan, dan pastikan masih dalam kondisi normal atau layak pakai. Tujuannya bukan lain untuk mengantisipasi kerusakan ban utama. 

"Ban cadangan itu harus dalam kondisi bagus, sebelum jalan periksa apakah masih layak pakai dan jangan dilihat dari kembangannya saja, pastikan usia ban juga masih baik," kata Suharto, Master Trainer Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas-IAABL Astra Isuzu. 

Menurutnya meski ban cadangan masih memiliki kembangan yang baik, tetapi ketika dalam jangka waktu lama tidak digunakan itu juga sudah tak layak pakai dikarenakan sifatnya material. 

"Karet itu kalau tidak digunakan dalam jangka waktu lama bisa lunak atau getas. Bahkan kalau sudah melebihi batas waktu (kadaluwarsa) itu bisa berbahaya, karena ada faktor kelembaban," tambahnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan ada beberapa tanda ban cadangan sudah tak layak pakai. Misalnya timbulnya retakan di beberapa bagian ban yang dikarenakan faktor cuaca. 

"Sebaiknya ban cadangan itu dirotasi dan pastikan ban yang masih bagus dipasang di bagian depan, rotasinya bisa 10 ribu km mulai dari ban depan kanan pindah ke ban belakang kiri itu tidak apa," paparnya. 

Memang ban cadangan kerap tak diperhatikan atau sepele, tetapi fungsinya akan memengaruhi banyak hal termasuk keselamatan pengemudi. 

#ban-mobil #ban-cadangan #mudik-lebaran #kondisi-ban #keselamatan-berkendara

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.