Ban Cadangan Mobil Berjenis Space Saver, Begini Cara Pakainya

Ban Cadangan Mobil Berjenis Space Saver, Begini Cara Pakainya

OTODRIVER - Ban cadangan atau ban serep mobil ada yang berjenis space saver.

Tujuan utama dari penggunaan ban cadangan ini adalah untuk menghemat ruang bagasi.

Agar dapat menghemat ruang, ban cadangan tipe ini menggunakan ukuran ban dan pelek yang berbeda dengan keempat ban lainnya yang terpasang di mobil.

Ban cadangan tipe ini tidak masuk dalam siklus rotasi ban.

Ia hanya menjadi pengganti sementara ketika ban mobil sedang kempis atau terjadi pecah di saat perjalanan.

"Ban cadangan space saver ini hanya boleh dipakai ketika darurat saja dan tidak boleh digunakan secara terus menerus,” ucap Surya, pengelola Toko Putra Jaya Ban, Cibinong.

Jadi ban ini hanya digunakan untuk membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan atau penggantian ban dengan ukuran yang sesuai,

Selain terbatas masa penggunaannya, saat mengemudikan mobil dengan ban ini jika tidak boleh asal.

“Saat berkendara menggunakan ban space saver ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan lebih dari kecepatan 80 km/jam," tutup Surya.

Untuk mengingatkan para pengemudi, biasanya pada pelek ban space saver ini sudah tertera kecepatan maksimal yang diizinkan ketika melaju biasanya 50 hingga 80 km/jam.

Hal lain yang harus diperhatikan juga saat mobil kalian memakai ban serep tipe ini adalah, pastikan tekanan angin sesuai dengan yang direkomen­dasikan.

Ini karena biasanya tekanan angin dibuat sangat tinggi dibanding keempat ban lainnya, bisa sampai 60 psi. (NG)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com