Alasan Cek Tekanan Ban Harus Dalam Kondisi Masih Dingin

Alasan Cek Tekanan Ban Harus Dalam Kondisi Masih Dingin

Pengecekan tekana angin pada ban mobil harus dilakukan secara berkala. Tujuannya agar tekanan tetap ideal sebab akan memberikan kesan nyaman dan aman saat mengemudi.

Namun demikian pengecekan tekanan ban tidak disarankan dalam kondisi panas, dan dianjurkan ketika kondisi sedang dingin. Hal tersebut diungkapkan oleh Zulpata Zainal, OVT GTRadial.

"Tekanan ban dapat berubah saat mobil dijalan (panas), namun saat kembali kondisi dingin tekanan ban akan kembali normal," katanya, saat dihubungi Otodriver.com baru-baru ini.

Zulpata mengatakan setiap pengemudi bisa memahami kondisi tersebut (balik ke tekanan normal) dan tidak disarankan untuk mengurangi tekanan ban tersebut.

"Tekanan ban akan kembali kesedia kala kecuali ada kebocoran, untuk itu diperlukan pemeriksaan secara berkala dan pastikan periksa ban selalu sebelum mobil dijalankan," tambahnya.

Menurut pria yang akrab disapa Zulpata, pengecekan rutin bisa dilakukan setidaknya satu bulan sekali dengan menggunakan alat Titr Pressure Monitoring System (TMPS).

"Bisa mengecek tekanan ban dengan alat TMPS, jadi setiap saat bisa kita monitor dan sebagai patokan selalu keadaan ban dingin saat pengecekan," tutupnya.

Jadi, jangan terkecoh jika tekanan ban naik saat keadaan panas sebab akan kembali menurun dengan sendirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com