Kaca Mobil Anda Baret? Bersihkan Pakai Ini

Kaca Mobil Anda Baret? Bersihkan Pakai Ini

Kaca pada mobil berfungsi untuk melindungi kabin mobil dari air hujan, debu, dan juga terpaan angin. Komponen yang satu ini harus rajin dirawat agar visibilitas pengendara tetap optimal.

Jika kaca mobil mengalami gangguan, maka akan menyebabkan pandangan dari pengemudi mengalami gangguan dan mengakibatkan kecelakaan. Permasalahan yang dapat terjadi pada kaca mobil adalah baret.

Dilansir dari laman Auto2000, berikut adalah cara menghilangkan baret pada kaca mobil.

Memakai Kompon

Sebenarnya cara untuk menghilangkan baret ini cukup mudah dilakukan. Bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di toko-toko terdekat, salah satunya adalah kompon. Kompon sendiri bermaterialkan bahan kimia yang dapat mengikis permukaan benda. 

Ketika menggunakannya, pastikan seluruh permukaan tertutup rata dengan krim yang satu ini dan dilanjutkan dengan penggosokan menggunakan kain microfiber.

Menggunakan Cerium Oxide

Setelah Otolovers melakukan pemolesan, akan lebih baik lagi jika menggunakan cerium oxide agar kaca semakin bersih. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama, kalian harus membersihkan kaca terlebih dahulu pada area yang beret.

Jika sudah, basahi permukaan kaca yang dilanjutkan dengan digosok amplas secara perlahan hingga ke bagian dasar. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan cerium oxide dengan air hingga mengental, kemudian poles kaca menggunakan kain lembut. 

Pemolesan dilakukan secara perlahan agar cairan tersebut meresap sempurna. Setelah semua berhasil dilakukan, bersihkan kaca dengan lap yang bersih.

Memakai Ammonia

Sama halnya dengan cerium oxide, ammonia merupakan cairan kimia yang dapat digunakan sebagai pembersih baret kaca. Otolovers dapat membeli cairan ini di toko bahan kimia maupun apotek. 

Cara pengaplikasiannya pun hampir sama dengan cara sebelumnya. Kalian cukup mencampur ammonia dengan air hingga merata. Kemudian mengoleskan pada area yang baret menggunakan lap bersih. Gosok secara perlahan sembari ditekan dan diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibersihkan. 

Menggunakan Pasta Gigi

Jika Otolovers malas untuk membeli beberapa barang di atas, sebenarnya dapat memanfaatkan barang yang berada di rumah. Salah satunya adalah pasta gigi, kalian dapat menggunakan pasta gigi yang berbahan dasar pemutih (mengandung carbamide peroxide atau hidrogen peroksida).

Untuk mengaplikasikannya menggunakan kuas atau kain lembut yang dioleskan pada area kaca. Tunggu beberapa saat sampai pasta gigi mengering dan dilanjutkan dengan membilas menggunakan air. 

Rajin Melakukan Perawatan

Untuk menghindari terjadinya baret pada kaca mobil, sebaiknya rajin melakukan perawatan pada mobil. Salah satunya adalah dengan rajin mengecek kondisi wiper setiap 6 bulan sekali. Jika dirasa sudah kaku dan kasar sebaiknya kalian menggantinya dengan yang baru. 

Namun, jika Otolovers belum cukup memiliki waktu untuk mengganti, sebaiknya kalian dapat mengakalinya dengan mengoleskan kompon pada area wiper yang kasar. Cara tersebut sedikit ampuh untuk menahan wiper selama 1 bulan. 

Demikian, cara menghilangkan baret pada kaca mobil yang dapat dilakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu otolovers semuanya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com