Jangan Salah, Ini 5 Cara Merawat Mobil Listrik

Jangan Salah, Ini 5 Cara Merawat Mobil Listrik

Berbagai pabrikan otomotif dunia terus berlomba menghadirikan mobil listrik dari berbagai segmen. Memang banyak keuntungan memiliki mobil listrik, salah satunya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional. 

Namun demikian setiap orang yang memiliki mobil listrik bukan berarti tidak perlu melakukan perawatan rutin. Tentu diperlukan agar kendaraan tetap nyaman saat digunakan. 

Berikut beberapa perawatan mobil listrik yang wajib Anda ketahui seperti dikutip dari laman MBN, Senin (20/06). 

Gunakan  pengisian daya yang  dianjurkan

Gunakan pengisi daya EV yang disarankan untuk mengisi daya mobil. Jangan pernah menggunakan pengisi daya cepat, dan selalu gunakan pengisi daya biasa atau standar yang direkomendasikan. 

Pengisian daya mobil listrik ibarat ponsel, dimana menggunakan stopkontak atau pengisian khusus dan colokkan kabel pengisi daya EV sampai terisi penuh. 

Pemeriksaan baterai 

Pemeriksaan baterai secara rutin sangat dianjurkan sebagai salah satu cara merawat mobil listrik dengan baik, terutama jika kendaraan tersebut menggunakan baterai lithium-ion.

Anda bisa membawa kendaraan listrik untuk mengecek baterai dengan memeriksa cairannya, lubang pengisi dan kontak sekaligus menentukan jumlah siklus baterai. 

Pemeriksaan cairan

Salah satu keuntungan besar EV adalah bahwa mobil listrik membutuhkan lebih sedikit cairan. Seperti kendaraan konvensional, mobil listrik membutuhkan pendingin untuk sistem manajemen termalnya. Anda mungkin perlu melacak cairan wiper kaca depan dan minyak rem di kendaraan Anda juga.Tentunya kondisi ini penting dilakukan dan bisa diisi ulang dengan cara manual. 

Periksa rem 

Aspek menarik dari mobil listrik adalah bahwa kendaraan listrik menggunakan sistem pengereman regeneratif, sebuah mekanisme yang membutuhkan penggunaan energi dari komponen yang terkandung di dalam mobil. Dengan demikian, keausan rem pada bantalan dan rotor mobil Anda sangat minim dan rem Anda diharapkan bertahan dua kali lebih lama pada. 

Pastikan kondisi rem tetap aman saat digunakan agar memberikan kenyamanan saat berkendara dengan mobil listrik.

Tahu kapan harus mengganti baterai

EV dilengkapi dengan baterai khusus, yang memiliki masa pakai lebih lama. Sebagian besar produsen kendaraan listrik memberikan garansi baterai 8 tahun atau 100.000 mil. Namun ada beberapa negara dengan garansi baterai hingga 10 tahun. 

Jadi, cara terbaik untuk menjaga mobil listrik agar tetap prima yaitu merawat baterai, agar berkendara tetap aman dan nyaman. 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com