Catat! Ini Faktor yang Menyebabkan Velg Mobil Cepat Rusak

Catat! Ini Faktor yang Menyebabkan Velg Mobil Cepat Rusak

Velg kendaraan menjadi komponen penting yang harus diperhatikan, sebab dapat memengaruhi banyak hal salah satunya kenyamanan saat berkendara.

Ketika velg rusak seperti adanya retakan mau tak mau harus segera menggantinya. Tentunya biaya untuk mengganti velg mengharuskan Anda merogoh kocek yang dalam. Untuk itu agar velg tetap awet Anda bisa mengenali beberapa faktor penyebabnya. 

Menurut Chicko, Kepala Cabang F20 Wheels, salah satu faktor yang membuat velg cepat rusak yaitu ban yang tipis. Semakin tipis ban ketahanannya berkurang ketika menghantam lubang. 

"Kalau ada hantaman seperti itu bisa langsung berpengaruh ke velg dan membuatnya rusak," katanya kepada Otodriver, Selasa (5/7/2022). 

Lebih lanjut ia menyarankan jangan pernah menyepelekan kondisi angin pada ban, karena dapat juga merusak velg meski menggunakan ban yang tebal. 

"Tekanan angin jangan sampai berkurang karena bisa menjadi salah satu faktor yang membuat velg cepat rusak," tambahnya. 

Lantas berapa tekanan angin yang dianjurkan? Untuk mobil MVP (33-36) Psi, City Car (30-36) Sedan (30-33) dan SUV (35-40) Psi. 

Tak hanya itu saja, dikutip dari berbagai sumber ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat velg cepat rusak, salah satunya ukuran ban tidak sesuai. Sebab setiap velg memiliki ukuran standar minimal dan maksimal. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com