Apa Boleh Pakai Oli Motor untuk Mobil? Begini Penjelasannya

Apa Boleh Pakai Oli Motor untuk Mobil? Begini Penjelasannya

Oli menjadi komponen penting kendaraan yang berkerja melumasi mesin. Namun Anda tak bisa sembarangan untuk menggunakan oli tersebut, apalagi yang seharusnya untuk motor digunakan ke mobil. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Nurdin ST, Technical Specialis PT Pertamina Lubricants. Menurutnya perkembangan roda empat sangat pesat ketimbang roda dua. 

"Di mobil itu berkembang sangat pesat, untuk mendapatkan performa tinggi proses pelicinanan di oli juga tinggi," katanya, dalam sesi wawancara bersama media, di Jakarta, baru-baru. 

Pria yang akrab di sapa Nurdin ini mengatakan, proses pelicinanan tersebut tidak hanya pengaruh dari base oil, dan menambahkan aditif yang berbeda. 

"Sehingga bisa lebih licin. Pernah main karambol? Supaya licin itu diberikan kristal. Nah, di dunia mesin juga seperti itu untuk mobil kita pakai teknologi nano kristal karena transmisinya terpisah," tambahnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika oli mobil digunakan ke motor tentu juga akan berdampak negatif. Sebab, prosesnya oli menjadi lebih licin. 

"Bayangkan digunakan di motor kopling basah, bisa slip. Bilang malah olinya jelek," paparnya. 

Meski demikian, ia menjelaskan soal komposisi untuk oli motor dan mobil tak jauh berbeda, mulai dari aditifnya, lebih jelasnya basenya. Tetapi yang membedakan yakni racikannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com