5 Langkah Yang Perlu Diingat Kala Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

5 Langkah Yang Perlu Diingat Kala Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi

Banyak dari Anda yang menghabiskan libur tahun baru dengan plesiran keluar kota. Bahkan sebagian besar juga mengajak sanak family untuk menghabiskan waktu bersama.

Jika sudah demikian, tentu menggunakan mobil sebagai transportasi menjadi hal yang paling tepat. Karena akan menghemat biaya perjalanan dan dapat berinterkasi saat perjalanan dengan mudah. 

Nah jika keluarga sudah siap, maka langkah selanjutnya menurut Asuransi Astra agar aman berkendara ialah menyiapkan beberapa langkah berikut ini :

 1.       Periksa kondisi kendaraan

Memeriksa kendaraan secara menyeluruh akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi. Periksa kondisi ban dan tekanannya, aki, lampu, wiper, radiator, serta oli. Jika belum yakin, bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Selain itu, pastikan bahan bakar mobil terisi secara penuh sebelum memulai perjalanan.

 2.      Lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat

Ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, juga segitiga pengaman adalah beberapa alat penting yang harus ada dalam kendaraan. Benda-benda tersebut harus disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya ban pecah di tengah jalan yang jauh dari keramaian. Maka pengendara juga perlu mengetahui bagaimana mengganti ban dan beberapa hal teknis penting lainnya.

 3.      Jaga kebugaran selama berkendara

Untuk menempuh perjalanan yang diprediksi akan cukup padat apalagi dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, sangat disarankan agar Anda mempersiapkan kondisi fisik agar tetap prima. Kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam berkendara. Carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman apabila sudah mulai merasa lelah.

 4.      Berkendara dengan aman

Hal penting selanjutnya saat hendak bepergian adalah dengan memahami bagaimana cara berkendara dengan aman agar tidak menimbulkan risiko, baik bagi diri sendiri maupun pengemudi lainnya. Pahami dan patuhi rambu lalu lintas selama dalam perjalanan, perhatikan batas kecepatan di jalan yang Anda lalui, serta jaga jarak aman antar kendaraan menggunakan teknik berhitung tiga detik dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan Anda.

5.      Lindungi Kendaraan

Meski keempat langkah sebelumnya sudah diterapkan, Anda tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari segala risiko yang tak diinginkan. Di sinilah pentingnya asuransi yang dapat memberikan ketenangan lebih saat berkendara. Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil Anda.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com