Upgrade BBM Diesel Karena Bio Solar Tengah Langka, Perlu Penyesuaian?

Upgrade BBM Diesel Karena Bio Solar Tengah Langka, Perlu Penyesuaian?

Bahan Bakar Minyak jenis Bio Solar kini menjadi barang langka di sejumlah daerah di Indonesia. Hal ini diklaim merupakan imbas dari meningkatnya mobilitas kendaraan akibat pelonggaran PPKM yang terjadi di Indonesia.

Bahkan, banyak sekali SPBU yang kini tidak menyediakan BBM jenis bio solar tersebut. Mungkin dari Anda cukup banyak yang mengandalkan jenis BBM ini untuk mobil Anda yang masih bisa menelan solar subsidi tersebut.

Lantas, jika terpaksa berganti jenis BBM ke Dexlite atau Pertamina Dex, apakah mobil yang biasanya menenggak Bio Solar harus melakukan sejumlah penyesuaian? Sumarmin selaku Head mechanic Auto 2000 cabang Cilandak menjelaskan bahwa langkah tersebut tidak membutuhkan penyesuaian sama sekali jika biasanya mobil Anda biasa menenggak solar berkualitas rendah.

“Untuk bahan bakar solar tidak perlu penyesuaian. Karena naik ke Dex atau Dexlite justru makin baik angka Cetane-nya,” jelas Sumarmin saat dihubungi oleh tim OtoDriver (19/10).

Masih menurutnya, justru yang perlu penyesuaian adalah mobil bermesin diesel yang tadinya menggunakan solar berkualitas tinggi dan hendak melakukan downgrade.

“Kecuali dari Dex ke Bio Solar. Efeknya tentu saja filter solar akan lebih cepat kotor dan penggantian akan semakin cepat,” tambahnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com