Segmen LMPV Kian Panas. Seperti Ini Peta Persaingannya

Segmen LMPV Kian Panas. Seperti Ini Peta Persaingannya

Jagad otomotif Indonesia sepertinya akan semakin menarik dan juga seksi dalam beberapa waktu ke depan. Khususnya di segmen LMPV akan kembali membara dengan munculnya model-model baru dan juga facelift.

Berbincang mengenai LMPV, banyak pihak yang berpendapat model yang satu ini mulai redup dan ‘kue’ pasarnya mulai digerogoti oleh LSUV. Karena itu beberapa produsen melakukan berbagai langkah engineering untuk mampu menghadirkan sosok LSUV, maka muncullah Mitsubishi Xpander Cross ataupun Suzuki XL7. Belakangan Honda dengan lantang mengabarkan akan kehadiran All New BR-V yang sudah dipastikan berDNA LSUV.

Bobolnya foto All New Toyota Veloz belum lama ini, berpeluang besar untuk mengobarkan pamor LMPV untuk kembali dipeluk erat di hati konsumen mobil Indonesia.

Bocoran data tentang mobil yang konon akan buka selubung resmi di bulan November ini, mengatakan bahwa mobil anyar ini akan berpenggerak roda depan dan juga punya opsi CVT.

Selang berapa waktu sebelumnya, sosok New Xpander facelift pun tertangkap kamera nitizen. Nampak ada redesign pada bagian facia dan buritan. Nah, rumornya mobil ini pun akan mengubah pilihan transmisi matik konvensionalnya menjadi CVT.

Walau belum ada kabar bisikan informasi tentang Nissan New Livina, namun diperkirakan baru akan muncul setelah sibling resmi melantai. Seperti halnya Xpander, New Livina pun  akan dapat penyegaran penampilan dan opsi transmisi CVT.

Sedangkan dari kubu Honda, justru nampak mati angin. Mobilio yang dijagokan di segmen ini justru semakin lunglai di pasaran. Informasi yang berhasil kami terima, model ini akan ‘dikerdilkan’ hanya hadir dalam varian entry level/fleet. Sedangkan kelas di atasnya dihapus. Posisinya akan digantikan All New BR-V yang notabene merupakan LSUV. Dengan kata lain sayonara di segmen yang pernah membesarkannya ini.

Selanjutnya adalah Suzuki dengan All New Ertiga yang sepertinya cukup santai tanpa ada rumor penyegaran. Artinya All New Ertiga akan jadi satu-satunya LMPV FWD yang masih mengandalkan transmisi matik konvensional.

Terakhir adalah Wuling Confero yang diperkirakan jadi pewaris penguasa segmen LMPV berpenggerak roda belakang. Besar kemungkinan Confero akan mulai mereguk manisnya penggerak roda belakang dan berpotensi jadi dominator di LSUV RWD. Ia akan memiliki opsi trim level paling banyak termasuk pilihan girbok Auto Clutch.

Walau demikian LMPV Cina ini masih punya lawan yakni Duo Avanza-Xenia RWD yang konon hanya akan dibuat untuk meladeni kelas bawah dan fleet.

Singkat kata, peta LMPV akan mengalami perubahan. Kehadiran beragam teknologi baru dan juga girboks CVT akan menyajikan mobil lebih menyenangkan dan efisien.   

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com