Tips Mencegah dan Mengatasi Ban Selip Saat Berkendara di Kondisi Hujan Lebat

Tips Mencegah dan Mengatasi Ban Selip Saat Berkendara di Kondisi Hujan Lebat

Banyak yang kurang memahami berbahaya mengemudi saat kondisi hujan lebat. Meskipun mobil terasa sanggup, namun banyak kejadian di jalan yang membuat kecelakaan tidak dapat dihindarkan. Salah satunya bahaya aquaplaning yang terbiasa timbul akibat curah hujan tinggi atau genangan air.

Oleh karena itu, salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi ban mobil karena jalan yang basah bisa membuat karet bundar tersebut selip. Kali ini Auto2000 memberikan informasi mengenai cara mengatasi ban selip saat mengemudi dalam kondisi hujan.

Cara Mengatasi Ban Mobil Selip

Gejala awal ban mobil selip dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil, seperti bodi mobil yang bergerak ke kiri atau kanan, atau mobil berjalan lurus meskipun kemudi sudah dibelokkan. Lantas, bagaimana cara menyikapinya kalau Anda sampai pada situasi tersebut?

Yang pertama adalah jangan panik. Kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan yang tidak perlu seperti pengereman keras atau membanting setir yang malah memperburuk keadaan. Sikapi dengan tenang serta jaga fokus dan konsentrasi mengemudi untuk menentukan respons selanjutnya. Itulah mengapa Anda dilarang melakukan aktivitas lain waktu berkendara seperti bermain ponsel.

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah menunggu hingga grip ban kembali normal sehingga dapat memperoleh traksi saat mobil mulai dikendalikan. Anda cukup menahan setir lurus ke depan dan tidak melakukan counter kemudi, selain tentunya tidak menginjak pedal rem atau pedal gas

Dengan tidak melakukan apa-apa, Anda mencegah mobil yang kehilangan kendali supaya tidak lebih lebih parah dampaknya. Jika daya cengkeram ban sudah kembali, mobil baru bisa dikendalikan seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem. Itupun harus dilakukan secara halus dan bertahap untuk menjaga daya pijak ban. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar mobil, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

Cara Mencegah Ban Mobil Selip

Langkah awal yang harus dilakukan adalah segera mengurangi kecepatan mobil begitu hujan turun atau melewati jalan licin. Kurangi hingga sekitar 20% dari kecepatan normal agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal serta mengurangi risiko kecelakaan jika sampai ban selip lantaran mobil masih dapat dikendalikan dengan baik. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya ketika ada masalah dapat direspons dengan cepat dan aman.

Faktor ban juga memegang peran sangat penting untuk mencegahnya selip di jalan licin. Pastikan tekanan angin ban juga alur pada telapak ban belum mencapai batas keausan supaya dapat membuang air dengan baik dan tidak mudah kehilangan grip di kondisi berat.

Mulai masuk musim hujan, pastikan Anda selalu menjaga kondisi seluruh ban mobil. Segera ganti ban kalau kondisinya sudah tidak layak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com