6 Bagian Mobil Yang Perlu Ditinjau Saat Menerjang Hujan Lebat

6 Bagian Mobil Yang Perlu Ditinjau Saat Menerjang Hujan Lebat

Cuaca saat ini tidak menentu, siang hari panas namun sore hari sering kerap hujan lebat. Jika Anda sering berpergian sore hingga malam hari lantas menemui kondisi badai di jalan, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dan melakukan beberpa persiapan supaya aman menghadapi cuaca seperti itu.

Lantas beberapa komponen juga kembali harus dilihat lagi kelayakannya. Agar terhindar dari kecelakaan fatal yang diakibatkan komponen tidak siap. Untuk itu, kali ini Auto2000 memberikan tips untuk dapat mencerahkan Anda Ketika memasuki musim hujan seperti ini.

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Ban Mobil

Yang utama masih dibagian ban, dan Anda perlu mengecek kondisi ban mengingat tugasnya yang berat. Bidang kontak ban dengan jalan sangat terbatas dan harus berputar setiap saat, disaat bersamaan kinerjanya menurun saat jalan licin. Lakukan pengecekan rutin dengan prioritas utama pada tekanan ban.

Tekanan ban yang pas memastikan telapak ban mendapatkan daya cengkeram yang optimal ke aspal jalan, khususnya di jalan licin. Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) di alur telapak ban. Sembari itu, bersihkan telapak ban dari kerikil supaya tidak mengganggu kinerja ban. Lanjut periksa dinding ban dari potensi sobek atau benjol.

2. Kaki-Kaki Mobil

Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya rusak, akan membuat mobil susah dikendalikan dan mengurangi kenyamanan penumpang. Sedangkan sistem kemudi yang bermasalah juga membuat Anda sulit untuk mengendalikan arah mobil. Jangan lupa lakukan lakukan spooring dan balancing.

3. Wiper Mobil

Saat musim kemarau wiper nyaris tidak pernah digunakan, ditambah karetnya mendapatkan paparan panas sinar matahari dan debu sehingga getas. Selain tidak sanggup bekerja optimal, karet wiper yang getas juga memiliki potensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu di kaca mobil. Jangan lupa memeriksa wiper belakang dan mengisi tabung air pembersih kaca supaya tidak bermasalah ketika dibutuhkan.

4. Sistem Rem Mobil

Rem bekerja ekstra berat saat musim hujan karena jalan yang licin. Oleh sebab itu, pastikan kampas rem beserta piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem rem mengingat perannya yang sangat penting. Jangan lupa isi tabung minyak rem dan lakukan pengurasan kalau sudah waktunya untuk menjaga kinerja rem.

5. Kelistrikan Mobil & Lampu Mobil

Tugas sistem kelistrikan bertambah berat ketika hujan turun. Seperti harus mendukung operasional AC, wiper, audio, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering, dan konektor untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi.

Saat hujan deras, lampu mobil mempunyai tugas yakni membantu untuk melihat kondisi jalan di depan dan memastikan pengguna jalan lain dapat melihat mobil milik Anda dengan baik. Sangat berbahaya jika sampai lampu mobil bermasalah seperti mati.

6. AC Mobil & Karet Pintu Mobil

Ketika hujan mendera, Anda pasti akan menutup kaca mobil supaya air hujan tidak masuk. Untuk menjaga kabin tetap nyaman, sistem pendingin alias AC menjadi andalan satu-satunya. Pendingin kabin juga berfungsi menjaga kaca mobil agar tidak berembun supaya pengemudi tidak kesulitan waktu memantau kondisi di luar.

Selain itu, karet pintu mobil juga harus diperhatikan. Namanya juga berbahan karet, komponen satu ini juga mempunyai usia pakai. Karet pintu dan jendela yang getas membuat air hujan bisa menerobos masuk. Meski sepele, tapi pasti membuat kesal kalau sampai kejadian.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com