Perlu Strategi dan Persiapan Untuk Perjalanan Jauh, Agar Nyaman dan Aman

Perlu Strategi dan Persiapan Untuk Perjalanan Jauh, Agar Nyaman dan Aman

Melakukan perjalanan jauh berkendara dengan mobil menjadi suatu hal yang perlu dipersiapkan dengan baik. Dengan persiapan yang baik, maka diharapkan akan memperoleh perjalanan yang nyaman dan juga nyaman.

Sonny Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) mengatakan bahwa terdapat setidaknya lima hal yang perlu dipersiapkan untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

 

1. Pastikan fisik dan jasmani dalam kondisi prima. Kelelahan fisik maupun pikiran dapat berakibat fatal. Salah satu upaya agar terhindar dari kelelahan tersebut dengan melakukan istirahat yang cukup, yakni tidur minimal enam jam sebelum berangkat. Gunakan pakaian yang nyaman dan jangan persiapkan selimut bagi penumpang agar perjalanan relaks dan nyaman.

2. Tata bagasi dengan baik, dahulukan barang yang ringan ada di bagian atas dan tempatkan makanan atau minuman ringan di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan barang berat yang dibawa terkait dengan baik dan tidak mental saat mobil mendapat guncangan.

3. Sediakan makanan dan minuman ringan untuk bekal sepanjang perjalanan. Usahakan makanan yang ringkas dan tidak merepotkan saat disantap, khususnya bagi pengemudi. Hindari makanan berminyak karena akan membuat orang cenderung minum dan akan lebih cepat buang air kecil. Hal ini akan menghambat perjalanan dan tentunya mengurangi kenyamanan.

4. Membuat management dan strategi perjalanan dengan menentukan waktu dan rute yang akan ditempuh. Jangan menunggu lelah baru istirahat, namun istirahatlah setiap 4 jam perjalanan. Istirahat bisa disertai dengan peregangan ringan untuk melemaskan otot dan badan kembali relaks.

5. Mempersiapkan kendaraan secara menyeluruh. Periksa kondisi mesin, oli, rem hingga ban agar semua berjalan dengan baik. Jangan lupa pastikan ban cadangan dalam kondisi siap berikut perangkat kunci kerja.

Dari persiapan di atas tak kalah penting adalah memilih asupan bahan bakar berkualitas. Hal ini menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar karena akan berpengaruh pada performa dan juga kinerja yang optimal dari sebuah mobil.

Bahan bakar seperti Shell dengan teknologi Dynaflex yang mampu membersihkan ruang bakar hingga 80% dengan teknologi molekul diklaim mampu meminimalisir gesekan pada mesin.

Dengan asupan bahan bakar yang baik, maka mobil akan tetap berperforma, optimal kinerjanya dan juga memiliki durabilitas mesin yang baik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com