Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Dalam keseharian, kita sering menemui mobil mogok di jalan karena masalah overheat. Jika tidak cepat ditangani, bahkan bisa mengakibatkan mobil terbakar dan hal tersebut tentu akan sangat menyakitkan para pemilik kendaraan.

Secara umum overheat merupakan istilah ketika kondisi mesin mobil berada pada temperatur tinggi akibat kehabisan cairan pendingin atau terjadi masalah pada komponen-komponen sistem pendingin. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas atau overheat.

Sebagai Langkah antisipasi, kali ini Auto2000 melansir beberapa penyebab mesin mobil cepat panas.

1. Kerusakan radiator

Salah satu penyebab mesin mobil panas dengan cepat pada umumnya disebabkan oleh rusaknya radiator. Seperti yang diketahui, fungsi radiator pada mobil yakni menjaga agar suhu mobil tetap stabil. Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah.

Permasalahan lain yang dialami radiator hingga menjadi penyebab mesin mobil cepat panas di antaranya adalah bocornya selang air radiator mobil, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi air radiator yang tidak lancar.

Jika selang radiator bocor menjadi penyebab masalah pada mesin, pemilik mobil harus membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya. Untuk mencegah mesin cepat panas, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.

2. Penggunaan oli yang tidak sesuai standar

Penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya bersumber dari oli yang tidak sesuai standar. Oli dengan kualitas yang buruk akan cenderung tidak tahan panas, sehingga cepat menguap.

Ini menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan menyebabkan kondisi mesin mobil kepanasan. Bila dibiarkan mobil akan mengalami kerusakan parah.

Oleh karena itu, pemilik mobil harus waspada ketika ada yang menawarkan oli dengan harga murah. Lebih baik membeli oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil yang sudah sesuai dengan spesifikasi.

3. Tidak berfungsinya thermostat

Fungsi thermostat adalah untuk bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Bisa dikatakan bahwa thermostat adalah otak radiator. Saat suhu rendah, thermostat mengatur agar air tidak meninggalkan radiator.

Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat memerintahkan agar air masuk ke dalam mesin. Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin. Dampaknya, mesin mobil akan cepat panas.

 4. Kipas pendingin tidak berfungsi

Ketika mesin mobil cepat panas, bisa juga mencoba memeriksa kipas pendingin pada mobil. Hal ini dikarenakan kipas pendingin berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar.

Jadi, ketika kipas ini rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas. Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi normal.

Hal yang pertama adalah dinamo yang menggerakan kipas tersebut. Alasan lainnya yakni pemasangan kipas yang terbalik, sehingga membuatnya menyedot udara panas.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com