Jangan Nekat Terjang Banjir Gunakan Mobil

Jangan Nekat Terjang Banjir Gunakan Mobil

Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir besar di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Tak jarang beberapa jalanan pun menjadi lumpuh akibat banjir.

Tak sedikit pengemudi yang nekat menerobos banjir tanpa menyadari ketinggian air yang diterjangnya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan mesin yang berujung malapetaka. Memang apa kata ahlinya jika Nekat menerjang banjir?

Sumarmin selaku Head Mechanic Bengkel Resmi Toyota Auto 2000 Cilandak, Jakarta Selatan menyarankan agar pengemudi mobil jenis apapun untuk tidak nekat menerobos banjir.

“Karena mobil bukan perahu. Beberapa komponen yang ada pada mobil rentan terhadap air,” kata Sumarmin.

Menurut Sumarmin, water hammer sering terjadi saat air masuk ke lubang udara dan kemudian masuk ke ruang mesin, hal ini tentunya bisa fatal bagi ruang mesin.

“Air bisa masuk dari lubang udara maupun knalpot ketika mesin mobil tidak menyala. Hal ini tentunya tidak boleh terjadi. Maka hindari banjir sebisa mungkin,” tambahnya.

Setidaknya ada beberapa kota besar di Indonesia yang dilanda banjir, seperti Banjarmasin, Manado, dan juga Denpasar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com