5 Gejala Sistem Injeksi Mobil Anda Bermasalah

5 Gejala Sistem Injeksi Mobil Anda Bermasalah

Sistem injeksi pada mobil modern bisa dibilang sebagai jantung utamanya. Tak ayal jika sistem tersebut rusak, ada saja masalah yang terjadi pada mobil, seperti sulit dihidupkan atau tersendat saat berjalan.

 Oleh karena itu, injektor merupakan komponen penting yang wajib diperhatikan. Sebab injekor berguna sebagai penyumpai sistem bahan bakar dari dalam tangki yang disemprotkan pada sistem pembakaran internal mobil. Banyak dari masyarakat yang lalai dan menyepelekan komponen ini hingga pada akhirnya mobil mati mendadak.

Hal ini pastinya akan sangat tidak nyaman dan mengurangi rasa aman dalam mengemudi. Pasalnya injektor yang mampet akan membuat mobil tidak dapat melaju dengan performa maksimal.

Namun jangan khawatir masih terdapat gejala-gejala yang umumnya menjadi tanda kerusakan atau mampetnya sistem injeksi pada mobil Anda. Berikut ini dilansir dari laman resmi Auto2000, Senin (6/09/2021), mengenai gejala yang dirasakan ketika injeksi kotor:

1. Kinerja mobil terasa sangat berat

Ini menjadi gejala pertama yang mesti Anda waspadai yatu kinerja mobil menjadi berat seperti tarikan ilang. Hal itu disebabkan karena injeksi tersumbat kotoran dan karbon yang pastinya menggangu suplai bahan bakar kedalam mesin.

Sumbatan tersebut pada akhirnya membuat injektor tidak bisa membaca dengan normal aturan udara dan bensin yang masuk dalam pembakaran.

2. Timbulnya asap tebal dikarenakan pembakaran tidak sempurna

Ini dapat di lihat dengan kasat mata bahwa timbulnya asap tebal disebabkan karena pembakaran yang tidak sempurna. Sebabnya pasti mengenai injektor yang tidak membaca dengan baik akibat tertutup kotoran yang menempel.

Sehingga pembakaran yang terlalu kaya pada akhirnya terbuang percuma menjadi asap hitam tebal yang disertai dengan bau bensin.

3. Rpm naik turun

Gejala yang selanjutnya yang dapat diprediksi adaah gas rpm tidak stabil. Maka dari itu mobil bisa mengalami masalah tersendat akibat rpm yang tidak normal.

4. Mobil alami mati mendadak

Kotoran yang sangat tebal dan menyumbat injektor maka yang terjadi mobil bisa mati mendadak. Disebabkan karen katup selenoid tertutup. Itu sudah menjadi kondisi yang cukup parah karena sudah dapat dipastikan mobil sulit di hidupkan kembali.

Bahkan ketika hidup pun mobil akan mati kembali selang dalam beberapa menit. Hal ini akan sanga menggangu sistem suplai bahan bakar pada mesin.

5. Mobil mogok bahkan sulit atau tidak bisa nyala

Ini merupakan kejalah terakhir yang parah apabila Anda lalai atau meremehkan injektor mesin yang kotor yaitu mobil mengalami mogok.

Ini menandakan bahwa injektor mobil sudah sangat kotor dan sulit menyemprotkan suplai bahan bakar ke mesin. Tidak ada cara lain selain menderek mobil Anda ke area bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com