Ternyata Menyemir Ban Ada Efek Sampingnya

Ternyata Menyemir Ban Ada Efek Sampingnya

Mencuci mobil rasanya tak lengkap jika tidak menyemir ban. Dengan semiran ban, mobil terlihat makin bersih akibat ban yang berwarna kinclong.

Namun tahukah Anda bahwa menyemir ban ternyata ada efek sampingnya? Bambang Hermanu selaku Manager Training PT Semi Rubber Indonesia mengatakan bahwa terlalu sering menggunakan semir ban maka bisa menimbulkan retak rambut pada bagian dinding ban.

"Di dalam karet ada bahan anti-aging berupa lilin yang dicampurkan dengan karet. Jika sering pakai semir ban, lilin itu terserap keluar, nantinya ban jadi keras sehingga timbul retak rambut," ujarnya saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat (20/2).

Kendati demikian, Bambang menghimbau agar memilih jenis semir ban tertentu guna meminimalisir efek samping tersebut. "Maka sebaiknya pilih yang water base, enggak terlalu berisiko,” tambah Bambang.

Namun, Bambang tidak menganjurkan menyemir ban selepas mencuci mobil. “Sebenarnya ban dicuci dan dibersihkan pakai air sabun saja sudah cukup," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com