Marak Pencurian Pelek dan Ban, Ini Cara Mencegahnya

Marak Pencurian Pelek dan Ban, Ini Cara Mencegahnya

Dalam beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan kasus pencurian pelek dan ban mobil. Bahkan dari video yang beredar di media sosial ada yang kejadiannya di parkiran terbuka. Namun hal tersebut dapat dicegah atau dihindari.

Seperti yang disampaikan Community Manager HSR Wheel, Aldhy Rais, cukup simpel untuk mencegah agar mobil terhindar dari pencurian pelek dan ban, yakni dengan cara memasang konci roda rahasia.

"Jadi kita ada baut roda, yang namanya kunci rahasia di baut rodanya. Nah di baut roda itu bisa aja kita pakaikan kunci roda rahasia, jadi misalkan ada 4 baut, yang 3 pakai kunci biasa yang satunya itu ada kunci khususnya. Dia tak bisa dicopot sama kunci shock sembarangan kan kalau yang biasa dia bisa dicopot pakai kunci shock 19, 22, 24, nah kalau kunci rahasia ini dia akan masuk ke kunci shocknya baru ditempel ke bautnya jadi kaya perantara gitu," ujarnya saat dihubungi OtoDriver, Rabu (29/1).

Foto: jdmprojects (Instagram)

 

"Sebenarnya itu menurut saya cara paling aman untuk menghindari pencurian pelek dan ban. 100 persen efektif," sebut Aldhy.

Sebenarnya lanjut Aldhy menjelaskan kunci roda rahasia itu sudah lama ada, dan bisa dibeli di pasar aftermarket, karena pencurian pelek dan ban mobil bukan kasus baru di Indonesia

"Tapi kalau di mobil-mobil Eropa setau saya kaya misalkan BMW itu sudah punya kunci rahasia sendiri," lanjutnya.

Foto: jdmprojects (Instagram)

 

Meski 100 persen efektif untuk mencegah pencurian pelek dan ban, namun kUnci roda rahasia itu punya kekurangan, terlebih untuk pemilik mobil yang kurang apik dalam menjaga barang. Karena jika kunci dari kunci roda rahasia itu hilang maka pelek mobil tidak bisa dicopot.

"Jadi dahulu memang sempet ramai yah, kita dari TKB (perusahaan yag menaungi HSR Wheel) sendiri sempat jual kunci roda rahasia tapi itu sempat nimbul masalah. Jadi koncinya ini dia sifatnya disambungkan ke shocknya. Jadi risikonya peleknya engga bisa dibuka, kalau mau dibuka peleknya harus ngancurin baut," pungkas Aldhy.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com