Kenali Ciri-Ciri Shock Absorber Yang Mulai Bermasalah

Kenali Ciri-Ciri Shock Absorber Yang Mulai Bermasalah

Shock absorber atau biasa dikenal sebagai sokbreker merupakan salah satu peranti dengan umur pakai yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Bahayanya, sokbreker yang sudah rusak atau tidak bekerja optimal akan membuat handling menjadi berantakan dan dapat membahayakan pengendara. Lebih lagi, tak sedikit yang menyadari jika kondisi peranti ini tak lagi prima atau malah rusak.

Lalu bagaimana mengetahui kondisi sokbreker yang sudah mulai bermasalah?

“Sebenarnya sudah dapat dirasakan saat mobil dikendarai, namun bagi yang kurang sensitif akan tersamar,” jelas Hidayat dari bengkel kaki-kaki Lili di Tangerang Selatan saat dihubungi oleh tim OtoDriver (12/6).

Kendati demikian, ada ciri-ciri yang kasat mata ketika shock absorber menalami kerusakan.

“Secara fisik bisa ditengarai adanya kebocoran pada unit sokbreker. Selain itu harus diperhatikan saat melewati gundukan atau polisi tidur, jika terasa mengayun memantul liar maka dipastikan kondisinya sudah tidak bagus,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Dayat ini menambahkan bahwa usia sokbreker tidak bisa ditentukan umur dan waktunya. Semua tergantung pada kondisi jalanan yang dilewati dankebiasaan pemakaian mobil.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com