Indikator ABS Menyala? Jangan Panik

Indikator ABS Menyala? Jangan Panik

Peranti ABS atau Anti-Lock Braking System tampaknya menjadi fitur keselamatan umum yang ditemui pada mobil. Fungsinya adalah untuk mencegah roda mengunci disaat melakukan rem secara mendadak serta menyeluruh.

Mobil yang sudah memiliki rem ABS punya indikator pada panel instrumen. Biasanya lambang berbentuk huruf ABS yang diapit dua lengkungan. Lalu bagaimana jika indikator sistem ABS menyala atau berkedip-kedip?

Suparna selaku kepala mekanik Auto 2000 Cilandak menjelaskan bahwa pengendara tak perlu panik. Karena fungsi rem masih bekerja dengan semestinya.

"Kalau indikator ABS menyala, yang pertama harus dilakukan pengendara ialah jangan panik. Jadi kalau indikator ABS nyala artinya sistem ABS tidak berfungsi, tapi bukan berarti remnya tidak bekerja. Karena rem akan tetap berfungsi," papar Suparna saat live Instagram bertajuk ‘kupas tuntas rem mobil bersama Auto 2000’ (11/6).

Kendati tetap bisa digunakan, namun ia menyarankan agar membawa mobil ke bengkel terdekat.

"Kedua, segera bawa kendaraan ke bengkel. Biasanya karena sensor-sensor yang ada pada roda depan kanan-kiri-belakang-depan, kena kotoran dan membuat error sensor dan seakan-akan sensor itu tidak berfungsi. Ini harus di-setting ulang atau bisa saja kabel digigit tikus itu bisa juga dan harus di periksa kembali," imbuh Suparna.

Suparna menjelaskan peran penting ABS di suatu mobil

"Sistem ABS itu merupakan sistem rem yang aman. Rem ABS itu bekerja seperti melakukan pengereman tidak langsung mengunci, tanpa ABS itu rem akan mengunci. Kalau pakai ABS kita bisa lebih mudah menghindari tabrakan," tutupnya.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com