Musim Hujan Datang, Sudah Cek Kondisi Ban?

Musim Hujan Datang, Sudah Cek Kondisi Ban?

Musim penghujan sudah mulai tiba di beberapa bagian tanah air. Tentunya ada beberapa penyesuaian pada mobil guna menghadapi berkendara dengan kondisi jalan yang basah.

Salah satu bagian yang perlu dilakukan pengecekan adalah ban. Komponen ini tentunya sangat penting karena ban merupakan penghubung antara mobil dengan jalanan.

 

Abeng selaku pemilik bengkel ban dan pelek Victory Motor Sport di Kawasan Tangerang Selatan menjelaskan berbagai checklist untuk menghadapi musim hujan pada mobil.

“Yang pertama tentu kondisi ban. Dicek apakah ban sudah botak atau tidak. Jika ban botak, wajib diganti karena tentunya berbahaya,” ujar Abeng ketika dihubungi oleh tim OtoDriver (9/10).

Ia menjelaskan, bahwa ban memiliki garis-garis yang berfungsi sebagai jalur air. “Di ban itu ada alur-alur yang berfungsi sebagai jalur air. Jika ban dalam keadaan botal, maka jalur air ini kan tidak ada, maka jika dipakai tentunya licin dam sangat berbahaya,” tambahnya.

Abeng juga mengingatkan, jika ban dalam kondisi bagus, perhatikan juga tekanan angin ban. “Jika ban dalam kondisi bagus, sesuaikan tekanan angin ban. Jangan terlalu keras, karena ban yang keras lebih licin untuk dikendarai saat hujan,” tutup Abeng.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com