Mau Beli Mobil Baru? Simak 6 Hal ini

Mau Beli Mobil Baru? Simak 6 Hal ini

Bagi sebagian besar orang memilih mobil memang bukanlah perkara mudah. Lantas bagaimana cara menentukan mobil yang pas untuk Anda?

Sebetulnya hanya diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana dan jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil idaman.

 

Ketika Anda masih bingung memilih kendaraan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan agar Anda semakin yakin dalam menentukan kendaraan. Terutama apabila Anda memiliki berbagai kebutuhan di saat yang bersamaan (seperti cicilan rumah atau liburan) dengan ketersediaan cash yang terbatas. 

Ricky Hertanu selaku Head of Business Development Maybank Finance yang merupakan partner resmi Chevrolet Indonesia, memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil.

 

1.    Pastikan Jenis Mobil Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah memilih model mobil yang Anda butuhkan. Jenis dan model mobil yang Anda pilih haruslah yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalkan mobil yang cocok untuk keluarga, maka mobil dengan kabin yang luas menjadi pilihan yang terbaik. Jika Anda ingin memiliki mobil yang lincah untuk bermanuver di dalam kota, maka mini or city car sangat irit bahan bakar cocok untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Terlebih lagi, jika Anda merupakan hobbyist yang gemar menantang adrenalin Anda di jalur off-road, Anda dapat memilih pick-up truck yang tangguh dalam menaklukkan medan jalanan dimanapun Anda berada.

 

2.    Tentukan Anggaran

Membeli mobil sesuai kemampuan finansial menjadi hal terpenting lainnya. Jika Anda ingin menjual mobil sebelumnya, maka carilah penawarkendaraan terbaik untuk mendapatkan modal kendaraan baru yang maksimal. Oleh sebab itu sebelum menentukan jenis mobil, tentukan dulu berapa anggaran yang Anda miliki dan target anggaran kendaraan baru Anda.

3.    Beli Secara Tunai atau Kredit

 

Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang optimal karena biasanya kendaraan memiliki depresiasi (penyusutan) harga per tahun, sedangkan pinjaman ada biaya bunga.

-Membeli secara tunai atau cash. Sebelum membayar booking fee, ada baiknya Anda bernegosiasi dengan pihak sales atau marketingyang melayani, agar Anda bisa memanfaatkan promo ataupun diskon menarik. Jangan ragu untuk meminta promo ataupun diskon, karena pada dasarnya hal tersebut merupakan hak yang harus diberikan ke konsumen. Jika mobil yang diinginkan sudah tersedia (ready stock),Anda bisa langsung membayar seluruh harga mobil tersebut di dealer resmi.

-Jika Anda memang harus mengambil kredit, pastikan Anda punya dana awal minimal 25%-30% dari harga mobil. Cicilan pinjaman mobil juga batasi hanya sebesar 30% dari gaji bulanan.

4. Lakukan Test Drive

Mobil merupakan barang konsumsi yang akan dipergunakan dalam jangka panjang. Itu sebabnya, usahakan untuk melakukan test-drive agar Anda benar-benar mendapatkan informasi dan kesan serta pengalaman yang menyeluruh sebelum menentukan pilihan mobil. Jika Anda sudah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak untuk ikut memberikan pendapat.

5. Kunjungi Beberapa Dealer dan Pameran Mobil

Setiap dealer memiliki mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan mobil yang akan dibeli, mintalah tambahan bonus terbaik dari pihak dealer seperti gratis aksesoris mobil, gratis kaca film, dan lainnya.

6. Perhatikan Perawatan Kendaraan

 

Merawat mobil merupakan hal yang paling utama ketika Anda memiliki mobil impian. Selain untuk memperpanjang masa guna mobil, merawat mobil juga diperlukan untuk memastikan agar selalu nyaman ketika dikendarai. Maka dari itu, tanyakan dalam setiap rentang berapa kilometerperawatan mobil berkala harus dilakukan dan apakah terdapat program perawatan gratis saat Anda menentukan pilihan kendaraan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com