Kepala Aki Beserbuk Putih? Ini Cara Mujarab Mengusirnya

Kepala Aki Beserbuk Putih? Ini Cara Mujarab Mengusirnya

Pada aki konvensional atau pun aki maintenance free memiliki satu permasalahan yang sama yakni munculnya gumpalan serbuk putih pada kepala aki. Kemunculannya merupakan efek dari proses elektrolit yang dapat berdampak pada kelancaran arus listrik, baik pada waktu proses pengisian maupun arus keluar dari aki. Akibatnya umur aki jadi lebih pendek.

“Jika didapati gumpalan pada aki, maka harus segera dibersihkan. Dengan demikian aki tetap terjaga kondisinya, karena arus in dan out pada aki lancar,” jelas Muksin dari FAST salah satu retail aki di Indonesia.

 

Muksin mengatakan bahwa untuk membersihkan bagian ini tidaklah sulit dan bahkan murah. Beberapa langkah dapat dilakukan sendiri dengan mengunakan:

1. Air soda

Tuangkan sedikit air soda pada kepala aki, karena akan langsung melarutkan gumpalan serbuk putih hingga ke sela-sela kepala aki dengan terminalnya. Baru kemudian terminal aki dibuka dan seka dan bersihkan dengan lap basah

2. Baking soda

Buka terminal aki dan taburkan baking soda di atas terminal aki yang bermasalah tersebut. Tuangkan sedikit air lalu tunggu hingga bereaksi dengan baking soda. Kemudian bersihkan dengan lap basah. Pastikan sisa baking soda tidak menutupi lubang ventilasi aki.

3. Air panas

Cukup murah namun tidak terlalu dianjurkan. Air yang dikucurkan harus memiliki suhu minimal 70 derajat Celsius,  supaya bisa tuntas mengenyahkan kotoran. Perlu diperhatikan, siraman air panas terlalu banyak bisa berpengaruh pada tatakan aki yang umumnya terbuat dari plastik. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com