3 Kuncian Mengemudi Tetap Fit Selama Puasa

3 Kuncian Mengemudi Tetap Fit Selama Puasa

Buat Anda yang menghabiskan waktu mengemudi cukup lama saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tetap bisa menjalani kewajiban harian dengan aman.

Karena saat kita berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berpotensi mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah dan menjadi tidak sabar yang berpotensi mengakibatkan celaka di jalan.

 

Agar terhindar dari kejadian tersebut, Anda harus memperhatikan menjaga asupan yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat sahur, berikut kunciannya.

 

1.    Penuhi Asupan Gizi

Saat sahur, jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengkonsumsi makanan tersebut, badan akan mudah terasa lemah di siang hari.

2.   Minum Cukup

Ketika sahur atau berbuka, kita dapat mengkonsumsi jus buah yang  membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan agar Anda minum 8 gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

3.    Hindari makanan pedas dan asam

Sebaiknya Anda menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena hal ini dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang dapat mengakibatkan asam lambung. Asam lambung selama berpuasa akan sangat memperberat kondisi tubuh.

“Kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi. Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas," ucap dr. Daniel Bramantyo, seorang dokter Rumah Sakit Pertamina Jaya.

Dengan menjaga asupan saat sahur, makan Anda akan mampu menjaga konsentrasi mengemudi meskipun saat sedang berpuasa.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com