TIPS: Segera Cungkil Kerikil Pada Ban Jika Tak Mau Hal Ini Terjadi

TIPS: Segera Cungkil Kerikil Pada Ban Jika Tak Mau Hal Ini Terjadi

Ban mobil yang memiliki alur-alur dengan berbagai variasi pola punya fungsi sebagai jalur air saat mobil melaju di permukaan aspal basah. Saat melibas jalanan kering tak jarang celah-celah alur tersebut malah terselip kerikil.

Hal ini tentu sesuatu yang sebaiknya dihindari. "Karena kerikil, batu-batu, maupun benda-benda asing yang terselip di celah alur ban bisa semakin masuk kedalam ban dan bersifat merusak,' tukas Herry Maylanda, Manajer Perencanaan Produk PT Bridgestone Tire Indonesia yang bertemu OtoDriver dalam sebuah kesempatan di Karawang, Jawa Barat, beberapa saat lalu.

Tak adanya benda asing yang menempel di ban bisa memperpanjang usia keempat karet bundar

Tak berlebihan jika ia menyebut, kerikil yang dibiarkan menempel di alur ban untuk waktu lama, bisa melubangi dan menembus ban sehingga menyebabkan kebocoran. Artinya agar musibah tersebut tak terjadi mulailah untuk melakukan pemantauan pada keempat karet bundar pada mobil Anda.

Mulailah untuk selalu memperiksa kondisi ban setelah melintasi medan jalan yang cukup berbatu atau kasar. Jika terlihat ada kerikil atau benda asing terselip segera cungkil dengan bantuan alat obeng minus.

Kegiatan ini lebih bagus diilakukan rutin minimal seminggu sekali. "Jika ban terjaga dari menempelnya kerikil seperti itu, bocor halus dan keausan ban pun bisa diminimalisir," tutup Maylanda.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com