Pilihan Ban Eco Yang Hemat BBM Untuk Low MPV

Pilihan Ban Eco Yang Hemat BBM Untuk Low MPV

Selain ban standar, pengguna MPV di Indonesia juga ditawarkan ban ramah lingkungan, alias ban eco sebagai pilihan subtitusi. Pada umumnya, ukuran 185/65 R15 yang digunakan  Low MPV, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Beragam pilihan, mulai dari Bridgestone dengan tipe Ecopia EP150, Goodyear yang mengeluarkan tipe Assurance Fuel Max dan merek lokal GT Radial yang diwakili tipe Champiro Eco. Ban keluaran GT Radial ini bahkan menjadi bawaan standar dari Suzuki Ertiga.

"Perbedaan ban ramah lingkungan ini dengan versi standar ada pada desain kembangan yang mampu menambah daya cengkeram ke aspal. Serta memiliki kombinasi kompon berbahan silica yang menghasilkan daya gulir (rolling resistance) rendah," ucap Arijanto Notorahadjo, General Manager Marketing & Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk.

Sehingga secara logika ban eco mampu menambah efisiensi bahan bakar. Selain itu, minimnya guliran ban yang dipakai saat melaju juga menambah usia pakai ban rata-rata hingga 15 persen ketimbang ban standar tanpa tapak low rolling resistance.

Soal keunggulan, tiap merek memang mengedepankan hambatan gelinding yang rendah serta usia pakai lebih panjang. Secara daya cengkeram ia memang di bawah ban sport, tapi untuk pemakaian sehari-hari atau kemampuannya membuang air saat hujan tidak ada masalah. Anda yang senang bermanuver tajam mungkin tak cocok memakai ban eco, namun sebagian besar pengguna mobil memang lebih mementingkan konsumsi BBM.

Bila Anda yakin memilih ban eco untuk mobil Anda, ada beberapa merek pilihan dengan harga jual sedikit berbeda. Goodyear Assurance Fuel Max dilepas di kisaran Rp 600 ribuan,  Bridgestone Ecopia EP150 seharga Rp 730 ribu, kemudian GT Radial Champiro Eco dibanderol Rp 450 ribuan. Semua harga tadi untuk ukuran 185/65 R15.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com