Solid State, Baterai Masa Depan EV

Solid State, Baterai Masa Depan EV

OTODRIVER - Perang teknologi pada mobil listrik terjadi juga di lini pengembangan baterai. Saat ini muncul jenis baterai yang dilabeli sebagai solid-state yang disebut-sebut sebagai masa depan mobil listrik.

Teknologi ini diperkirakan akan merevolusi efisiensi baterai, menawarkan jangkauan yang lebih luas, mengurangi waktu pengisian daya, dan meningkatkan fitur keselamatan.

QuantumScape, sebuah perusahaan Amerika yang mengerjakan baterai generasi berikutnya untuk kendaraan listrik, mencapai pencapaian penting dalam kemajuan teknologi tersebut. Pencapaian terbaru ini melibatkan sel solid-state perusahaan yang melampaui persyaratan dalam pengujian sampel A, menyelesaikan lebih dari 1.000 siklus pengisian daya dengan sukses besar.

Solid state battery 

Dilaporkan oleh Motor1, pengujian ketat yang dilakukan selama beberapa bulan oleh PowerCo milik Volkswagen di laboratorium baterainya di Salzgitter, menunjukkan kemampuan sel solid-state untuk mempertahankan kapasitas 95 persen setelah siklus yang berat.

Untuk kendaraan listrik dengan jangkauan sekitar 300 mil, ini setara dengan total jarak tempuh 300.000 mil atau lebih. Dalam prosedur pengujian standar untuk sel baterai baru, ketahanan merupakan kriteria penting, dengan standar industri menetapkan target 700 siklus pengisian daya dan kehilangan kapasitas maksimum sebesar 20 persen.

Sel solid-state QuantumScape tidak hanya melampaui spesifikasi ini tetapi juga menunjukkan keunggulan dalam kriteria penting lainnya seperti kemampuan pengisian cepat, keamanan, dan self-discharge. Fase selanjutnya dalam proses pengembangan melibatkan penyempurnaan dan penskalaan proses manufaktur.

Konsep sel terpadu Volkswagen yang dikembangkan oleh PowerCo dinilai cocok untuk mengintegrasikan teknologi sel solid-state. “Ini adalah hasil yang sangat menggembirakan dan secara mengesankan mendukung potensi sel solid-state. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah sel baterai yang dapat digunakan dalam jarak jauh, dapat diisi daya dengan sangat cepat, dan praktis tidak menua. Kami yakin sel solid-state dan terus bekerja dengan kecepatan penuh bersama mitra kami QuantumScape menuju produksi seri," komentar CEO PowerCo Frank Blome.

Pengembangan baterai solid state menunjukkan bahwa perkembangan mobil listrik masih cukup dinamis dan bergerak dalam berbagai lini. Perlu diketahui bahwa pengembangan ini tak hanya pada mobil saja, namun juga pada pengembangan teknologi baterai hingga teknologi pengisian baterai. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com