Negara Ini Berencana Bangun Jalan yang Bisa Mengisi Daya Kendaraan Listrik

Nantinya jalan listrik tersebut dapat mengisi daya ev otomatis.
Penulis: Afrizal Abdul Rahman
Sabtu, 13 Mei 2023 13:00 WIB
Mobil Listrik - Negara Ini Berencana Bangun Jalan yang Bisa Mengisi Daya Kendaraan Listrik
Bagikan ke:

Perkembangan era elektrifikasi yang kian cepat membuat bermunculan berbagai inovasi. Termasuk Swedia yang dikabarkan akan membangun jalan listrik pertama di dunia.

Menariknya jalan tersebut bisa mengisi daya kendaraan listrik ketika mobil tersebut sedang melaju. Nantinya jalan listrik tersebut dibangun oleh Swedish transport administration yakni Trafikverket, di mana saat ini sedang bekerja untuk mendapatkan kontraktor untuk proyek tersebut.

Namun demikian Trafikverket belum memilih teknologi pengisian dayanya untuk proyek terobosan tersebut, tetapi desain dan konstruksi diharapkan selesai pada tahun 2025, dan akan digunakan segera sesudahnya.

Dikutip dari laman Electreck,Trafikverket sedang mempertimbangkan beberapa opsi seperti saluran listrik overhead yang digunakan pada trem, rel listrik di permukaan jalan yang mentransmisikan energi ke EV melalui pikap konduktif di bawah kendaraan, atau  induktif tertanam di jalan yang mentransfer daya ke kendaraan.

Nantinya akan ada empat jalan yang beroperasi untuk pengisian daya ev yakni di Wilayah E20, antara Hallsberg dan Örebro. Jalan tol membentang antara Stockholm di utara, melalui Gothenburg, dan Malmö di selatan.

Daerah itu sengaja dipilih karena merupakan koridor lalu lintas yang sibuk untuk transportasi barang komersial, sekaligus memiliki catu daya yang dibutuhkan, dan akan dijadikan permanen.

#daya-ev #kendaraan-listrik #mobil-listrik #jalan-listrik #swedia

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.