Studi Baru, Panas Tinggi Bisa Mengurangi Jangkauan Kendaraan Listrik

Studi Baru, Panas Tinggi Bisa Mengurangi Jangkauan Kendaraan Listrik

OTODRIVER- Sebuah studi baru menunjukkan bahwa panas yang berlebihan dapat mengurangi jangkauan kendaraan listrik.

Dikutip dari laman Carscoops, studi tersebut berbasis di Seattle yang menguji ribuan kendaraan listrik setiap tahun, guna menganalisis hubungan antara baterai dan jangkauan.

Terbaru, data yang dikeluarkan menunjukkan bahwa ketika kendaraan listrik menjadi sangat panas, dapat kehilangan hampir sepertiga dari jangkauan yang dipunya atau kisaran 31 persen.

Penurunan baterai yang disebabkan panas yakni kendaraan berada dengan suhu di atas 100 derajat derajat Fahrenheit atau sekitar 38 derajat Celcius.

"Perhatikan bahwa hilangnya rentang pada 100 derajat didasarkan pada data yang sangat terbatas, dan kami akan memperbaruinya ketika kami lebih yakin dengan nilainya," tulis dalam penelitian tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, menurut Greg Less dari Laboratorium Baterai Universitas Michigan, penurunan jangkauan pada suhu tinggi itu disebabkan oleh kimiawi.
 
"Begitu Anda berada di atas 104 derajat Fahrenheit Anda mulai mengalami kerusakan lapisan emisi pasif pada anoda, dan kerusakan itu kemudian akan menyebabkan konsumsi cairan elektrolit, yang akan mempersingkat masa pakai baterai Anda," ucapnya.

Temuan ini mirip dengan penelitian lain yang menunjukkan bagaimana dingin yang berlebihan juga mengurangi jangkauan. Beberapa perusahaan ternama juga melihat efek yang hampir sama, seperti dari Ford hingga Volkswagen. (AAR)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com