Era Mobil Listrik Bikin Jepang dan Korea Selatan Kalah Soal Ekspor Mobil Dengan China

Era Mobil Listrik Bikin Jepang dan Korea Selatan Kalah Soal Ekspor Mobil Dengan China

Banyaknya mobil lansiran Tiongkok yang diekspor ke pasar lain membuat negara tersebut menjadi yang teratas saat ini untuk urusan ekpor mobil.

Menurut data dari Korea Automobile Manufacturers Association (KAMA) dikutip dari Car Scoops, China telah mengekspor 994.000 mobil selama kuartal pertama tahun ini yang terdiri dari 826.000 mobil penumpang dan 168.000 mobil komersial. Jika dibandingkan, Jepang hanya mengekspor 954.000 mobil selama tiga bulan pertama tahun 2023.

Dalam beberapa tahun terakhir China mulai mengekspor mobil mewah untuk pasar negara-negara maju di Eropa dan Australia.

"Tahun lalu, China menjadi eksportir terbesar kedua dan tahun ini, pada April, menjadi (eksportir) yang terbesar," kata pakar otomotif dari Korea Automotive Technology Institute, Lee Hang-koo.

Dia menambahkan meskipun China akan terus menumbuhkan pasar domestiknya, namun, untuk menuntaskan isu permintaan dan penawaran, negara tersebut tidak punya pilihan lain selain memperluas ke pasar ekspor karena pasar lokal telah berada di titik jenuh.

Selain produsen dari China, beberapa pabrikan mobil asing seperti Tesla, Volvo, dan Mercedes-Benz yang membuka pabriknya di negara tersebut, juga berkontribusi dalam peningkatan jumlah ekspor.

Tesla mengekspor 270.000 mobil dari China pada tahun lalu yang membuat perusahaan asal Amerika Serikat itu menjadi eksportir mobil terbesar ketiga di China.

Lee Hang-koo percaya gencarnya ekspor mobil pabrikan China akan menjadi ancaman bagi produsen mobil Korea Selatan, salah satunya Hyundai.

"Hyundai tengah fokus dalam menumbuhkan pasar dan meningkatkan pengalamannya namun baru-baru ini pasar China mengalami anjlok," kata Lee.

Ia menambahkan pasar Hyundai di Amerika Serikat masih stabil, namun, produsen mobil Korea Selatan tersebut mengalami ketertinggalan di pasar Eropa. China terus mendorong ekspor kendaraan berbahan bakar listrik maupun bensin yang menghambat perkembangan bisnis produsen mobil Korea Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com