Kalahkan Jepang, Tiongkok Jadi Eksportir Mobil Terbesar Di Dunia

Kalahkan Jepang, Tiongkok Jadi Eksportir Mobil Terbesar Di Dunia

OTODRIVER - Jepang dikenal sebagai dominator dalam hal ekspor mobil selama beberapa dekade. Statusnya sebagai dominator ekspor mobil dunia ini masih di atas Jerman dan Korea Selatan.

Tapi, tatanan itu sudah berubah, di mana saat ini Tiongkok akan segera mengalahkan ketiga negara itu untuk menjadi eksportir mobil terbesar di dunia.

Dikutip dari Carscoops, dilaporkan bahwa ekspor Tiongkok telah melampaui Jepang pada kuartal pertama tahun 2023. Tak hanya itu, nampaknya Negeri Tirai Bambu ini berhasil memperluas keunggulan tersebut di sepanjang tahun 2023.

Asosiasi Produsen Mobil Tiongkok (China Association of Automobile Manufacturers (CAAM)) melaporkan bahwa mereka berhasil mengekspor 4,41 juta unit di periode Januari hingga November 2023. Angka ini meningkat 58 persen dibandingkan periode yang sama pda 2022.

Nikkei Asia melaporkan bahwa angka ekspor yang berhasil dicatat Toyota di angka 3,99 juta unit  dalam periode Januari-November 2023. Ini merupakan kenaikan sebesar 15 persen.

Angka yang berhasil diraih Tiongkok ini dinilai masih akan mengalami kenaikan, salah satunya karena belum digarapnya secara serius pasar AS sebagai pasar kedua terbesar dunia. Raihan tersebut dijelaskan masih berada di tahap awal untuk masuk pasar penjualan di Eropa, khususnya Eropa Barat.

Meskipun Tiongkok belum melakukan terobosan serius terhadap AS, dan masih berada pada tahap awal untuk memasuki pasar penjualan mobil di Eropa, Tiongkok sudah menguasai pasar di Meksiko dan Rusia, dan akses ke pasar-pasar tersebut masih terbatas. membantunya meningkatkan angka ekspornya.

Perlu dipahami, dalam mengekspansi dunia, Tiongkok juga tidak hanya mengandalkan merek dalam negeri mereka seperti BYD , Wuling dan lain-lain. Produk ekspor dihitung pula dengan melibatkan brand asing yang dirakit di sana seperti Tesla, Volvo, BMW dan Buick. (SS)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com