Dengan Kecerdasan Buatan Pengisian Baterai Mobil Listrik Hanya 10 Menit

Dengan Kecerdasan Buatan Pengisian Baterai Mobil Listrik Hanya 10 Menit

Banyak orang tidak punya waktu untuk melakukan pengisian daya di mobil listrik yang lama, pengisian baterai mobil listrik yang tergolong lama membuat banyak orang enggan berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik.

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 membutuhkan waktu 17 menit dari 10% - 80% untuk mengisi baterai. Itu pun sudah menggunakan teknologi fast charging. Namun bagaimana jika proses charging bisa dilakukan lebih cepat? Para ilmuwan di American Chemical Society (ACS) mengklaim mereka telah menemukan cara untuk mengisi baterai EV dalam waktu kurang dari sepuluh menit tanpa merusak baterai.

Dilansir dari carbuzz, ilmuwan dari Idaho National Laboratory, Dr Eric Dufek berupaya menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam proses pengisian baterai mobil listrik. Kecerdasan buatan itu nantinya menganalisa data pengisian daya.

Nantinya, AI dalam tahapannya akan memasukkan informasi tentang kondisi baterai lithium-ion di mobil listrik selama siklus pengisian dan pemakaiannya. Analisa itu kemudian dijadikan data untuk mengidentifikasi sekaligus mengoptimalkan proses pengisian baterai mobil lisatrik.

Metode yang mereka kenalkan adalah memaksimalkan proses pengisian daya yang ada dalam baterai dengan teori fisika sehingga pengisian baterai mobil listrik bisa lebih cepat lagi hingga 10 menit.

Namun, pengisian daya ultra-cepat ini masih dalam penelitian yang sedang berlangsung, dan langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk meningkatkan kemampuan pengisian cepat. "Kami sedang mencari untuk meningkatkan energi sel dan optimasi lanjutan secara keseluruhan sehingga kami dapat terus bergerak maju di jalur ini." ujar Dr Eric Dufek.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com