Ambisi Pabrikan Nio, Tak Hanya Bikin Mobil Tapi Juga Swap Baterai

Ambisi Pabrikan Nio, Tak Hanya Bikin Mobil Tapi Juga Swap Baterai

Hal yang paling mengganggu dari sebuah mobil listrik adalah saat mengisi daya baterainya. Bahkan pada pengisian supercharger sekalipun butuh waktu kurang lebih setengah jam hingga 45 menit. Waktu pengisian ini masih lebih lama dari mobil konvensional manapun.

Nio, produsen mobil listrik menawarkan solusi yang cukup brilian yakni swap baterai. Dengan kata lain dilakukan penggantian baterai yang sudah habis dengan yang sudah dicharge penuh. Walau demikian, sebuah mobil Nio masih bisa dicharge dengan cara konvensional.

Agar semuanya mungkin dilakukan maka Nio pun memberikan konsep membuat stasiun penggantian baterai untuk pengisian. Dan stasiun pengisian ini pun mulai disebar di berbagai tempat di Cina sejak tahun lalu.

Pada September mendatang Nio akan membuka pabrik pertamanya di Eropa. Pabrik yang berdiri di atas lahan 10.000 meter persegi terletak di Pest, Hongaria ini tidak akan membuat mobil Nio, tapi akan membuat baterai maupun peralatan baterai swap, hingga layanan purna jual.

Pabrikan mobil China itu berencana mempercepat pembangunan stasiun pertukaran baterai di seluruh Eropa, khususnya di Jerman, Swedia, Belanda, dan Denmark, hingga paruh kedua tahun ini.

Dikutip dari Reuters, Nio pun mengambil kemitraan dengan Shell dalam mengembangkan stasiun penukaran baterainya secara global, khususnya di Cina dan Eropa.

Produsen mobil itu akhirnya menargetkan pengoperasian 4.000 stasiun pertukaran baterai di seluruh dunia dengan sekitar seperempatnya berada di luar Negeri Tirai Bambu.

Dar sisi waktu, proses penggantian baterai ala Nio ini cukup cepat hanya butuh 3 hingga 5 menit saja. Penggantiannya cukup modern dan dipandu dengan teknologi laser

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com