Acura Akan Hadirkan ZDX EV, Sebagai Saudara Sedarah Honda Proloque EV

Acura Akan Hadirkan ZDX EV, Sebagai Saudara Sedarah Honda Proloque EV

Belum lama ini Honda telah mengenalkan SUV EV pertamanya yakni Prologue. Nampaknya label flagship Honda, yakni Acura tak mau ketinggalan dan tampilan pertama Acura ZDX EV pun akhirnya bocor pada khalayak.

Seperti dilansir carscoops, SUV yang rencananya diluncurkan pada 2024 nanti akan dikembangkan bersama GM dan menggunakan platform Ultium BEV3. Platform ini pun digunakan juga pada Cadillac Lyriq, Chevrolet Blazer EV ataupun GMC Hummer EV.

Dengan menggunakan arsitektur dan sistem propulsi ini, Acura tidak perlu khawatir tentang merekayasa sistemnya sendiri, memangkas biaya pengembangan secara signifikan.

Mengenai nama ZDX sendiri merupakan sebuah penghormatan pada model Acura yang pernah eksis ada 2009-2013 silam. Kala itu, produk ini merupakan kendaraan pertama yang dirancang dan diaransemen di Acura Design Studio di Los Angeles, AS. Tempat rancang bangun yang sama untuk ZDX EV.

Rona desain ZDX EV punya cukup memiripan dengan Prologue di beberapa bagian. Namun secara keseluruhan desain ZDX EV mengambil ide dari mobil konsep, Acura Precision EV yang sempat hadir beberapa bulan sebelumnya.

Jika dicermati memang banyak elemen dari Precision EV yang tidak tereksekusi pada ZDX. Semisal kehadiran kaca spion tradisional pada ZDX, sedangkan pada versi konsepnya menggunakan model kamera. Selain itu handle pintu ZDX pun nampak konvensional, tidak model tersembunyi. Demikian pula dengan desain lampu baik depan maupun belakang pun nampak tidak sama.

Honda Precision EV 

Baik Honda maupun Acura tidak memberikan rincian tentang powertrain, namun mengacu pada apa yang telah digunakan pada Chevrolet Blazer EV baru serta Cadillac Lyriq, diperkirakan akan menggunakan baterai dengan daya jelajah antara 247 mil (398 km) dan 320 mil (515 km).

Kemungkinan penggerak all wheel drive akan hadir sebagai standar. Namun belum ketahui apakan Honda akan mengikuti jejak Chevy dengan menawarkan varoan penggerak roda depan atau belakang.

Satu hal yang telah dikonfirmasi oleh merek Jepang iniadalah bahwa ZDX akan ditawarkan dalam versi Tipe S berkinerja tinggi.

“Acura ZDX mewakili awal dari apa yang akan menjadi jalur percepatan menuju elektrifikasi pada akhir dekade ini dan peran kunci yang akan dimainkan merek Acura dalam tujuan global perusahaan kami untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050,” kata Emile Korkor, asisten wakil presiden Acura penjualan nasional. “Acura akan tetap fokus pada performa di era elektrifikasi dan Type S akan terus mewakili puncak dari arah ini,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com