Arab Saudi Akan Jadi Produsen Mobil Listrik

Arab Saudi Akan Jadi Produsen Mobil Listrik

Arab Saudi sebagai negeri petro dollar pun akhirnya mengganggap perlu kehadiran mobil listrik.  Bahkan pemerintah Arab Saudi pun berencana untuk mendirikan pabrik

mobil listrik domestiknya sendiri.

Salah satu langkah realisasinya, Arab Saudi telah menyewa penasihat termasuk Boston Consulting Group untuk mengeksplorasi pilihannya dalam membuat produsen EV baru. Seorang juru bicara dari Sovereign-wealth fund, atau dana kekayaan kedaulatan kerajaan telah mengonfirmasi bahwa pihaknya ingin mendiversifikasi ketergantungan negara pada minyak, namun belum dirincikan lebih lanjut gambaran tentang pabrik mobil setrumnya tersebut.

Langkah tersebut sebenarnya telah dimulai saat mengakusisi saham di Tesla pada 2018. Tetapi saham tersebut kemudia dijual tepat sebelum reli gila-gilaan perusahaan pada akhir 2019 dan sepanjang 2020.

Seperti dilansir carscoops, Sovereign-wealth fund Arab Saudi saat ini telah menginvestasikan $ 1 miliar ke Lucid Motors dan telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan tersebut. untuk mendirikan pabrik di kota Jeddah.

Dalam jumpa pers di akhir Januari, kepala dana kekayaan kerajaan, Yasir Al-Rumayyan, mengatakan mereka ingin menyetujui kesepakatan tahun ini atau tahun depan untuk memperluas manufaktur lokal.

Diprediksi pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada tahun ini dan paling lambat pada tahun depan. 

 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com