DFSK Ukir Sejarah, Rilis Mobil Niaga Bermesin Listrik Pertama Di Indonesia!

DFSK Ukir Sejarah, Rilis Mobil Niaga Bermesin Listrik Pertama Di Indonesia!

Sesuai dengan undangan yang kami terima dan kami beritakan sebelumnya, produsen asal Cina, DFSK, meluncurkan mobil terbarunya dalam bentuk van listrik, yakni DFSK Gelora E. Tentu ini adalah salah satu catatan sejarah di dunia otomotif, mobil niaga ringan pertama yang bermesin full elektrik diluncurkan oleh pabrikan Cina.

Agen pemegang merek DFSK di Indoensia PT Sokonindo Automobile melakukan peluncuran DFSK Gelora pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, hari ini, Kamis (5/3). 

CEO DFSK Indonesia, Alexander Barus mengatakan, peluncuran mobil komersial listrik yang diklaim pertama di Indonesia itu semata-mata untuk mendukung tren kendaraan listrik di Indonesia, serta edukasi berkesinambungan akan kendaraan listrik yang telah dimulai dengan DFSK Glory E3 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

"Tekad pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia," Ujarnya.

Foto: Jason

DFSK Glora E disebut menawarkan keunggulan dari teknologi. Mobil dipastikan menawarkan hemat biaya hingga 48 persen, bebas emisi, energi listrik bebas polusi, dan tidak membahayakan lingkungan. Melalui sebuah hitungan, DFSK Gelora E hanya mengkonsumsi 0,145 kWh/km yang setara dengan Rp 239/km.

"Catatan ini jauh lebih irit dibandingkan dengan model serupa berteknologi mesin konvensional yang mengkonsumsi energinya Rp 464/km," Tutur Barus.

DFSK menghadirkan Gelora E dalam dua tipe, yakni Mini Bus (MB) dengan konfigurasi 7 penumpang dan Blind Van (BV) dengan konfigurasi 2 penumpang. Selain bertenaga listrik, DFSK juga menghadirkan Glora versi mesin konvensional atau Gelora E.

Sayangnya DFSK Gelora E maupun DFSK Gelora belum punya harga pasti. Pihak DFSK Indonesia hanya membeberkan harga perkiraan. Untuk Gelora E tipe MB diperkirakan harganya sekitar Rp 489 - Rp 499 juta. Untuk tipe BV berkisar Rp 469 - Rp 479 juta. Sedangkan untuk Gelora E tipe MB diperkirakan harganya Rp 185 - 189 juta, dan sekitar Rp 175 - Rp 179 juta untuk tipe BV.

"Belum ada harga pasti karena Gelora E ini masih CBU dari Cina dan bea masuknya masih 50 persen. Kami berharap pemerintah menurunkan be masuk setidaknya dua tahun ke depan, agar harga mobil bisa lebih murah," jelas Barus.

Berikut spesifikasi DFSK Gelora  dan Glora E.

DFSK Gelora

Dimension and Weight

L x W x H (mm): 4500 x 1680 x 1960
Wheel Base (mm): 3050
Wheel Span Front/Rear (mm): 1435/1435
Curb Weight(kg): 1290
Total Weight(kg): 1970
Minimum Turning Diameter(m): 10.5
Maximum Climbing Ability: 30%

Engine

Engine Model: DK15-06VVT(Gasoline)
Emission Standard: Euro VI
Displacement(ml): 1499
Power(kw): 85
Maximum Torque (N.m): 148
Fuel Tank Capacity(L): 55L
Transmission: 5MT
Maximum Speed(km/h): 140
Fuel Consumotion(L): 7.2/5.0

Chassis
Braking Device: Front-Disc Rear- Drum, Hydraulic Dual-Circuit Braking System
Driving Type: Rear-Drive
Front/Rear Suspension: MacPherson Independent Suspension/Non Independent Suspension Composed of Plate Springs

DFSK Gelora E:

Dimension and Power Comparison
Weight & Dimension
Length (mm) : 4500
Width (mm) : 1680
Height (mm) : 1960
Wheel Base (mm) : 3050
Total Weight (kg) : 1970
Tyre : 185 R14

Engine

Electric Motor: Permanent Magnet Synchronous Motor
Rated power (kWh/rpm): 30/3600
Peak power (kWh/rpm): 60/9000
Rated torque (Nm): 80/200
Battery pack: heating
Ratio motor: 10.5
Battery: Ternary Lithium-ion Battery
Power battery capacity (kWh): 42

Chassis
Braking Device: Front-Disc Rear- Drum, Hydraulic Dual-Circuit Braking System
Driving Type: Rear-Drive
Front/Rear Suspension: MacPherson Independent Suspension/Non Independent Suspension Composed of Plate Springs

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com