FIRST DRIVE: KIA Grand Carnival 2021

FIRST DRIVE: KIA Grand Carnival 2021

KIA Grand Carnival baru saja diluncurkan di ajang GIIAS 2021. Setelah pameran ini berlangsung, kami pun langsung berkesempatan langsung menjajal big MPV asal Korea Selatan ini. Lantas, bagaimana rasanya?

Kami pun langsung menyandarkan badan di jok pengemudinya. Dan seketika langsung terasa aura mewahnya. Perpaduan antara Instrument cluster digital dengan headunit yang memiliki dimensi serupa serta transmisi dengan knob putar membuat kami merasa sedang duduk di dalam sebuah mobil asal Eropa. Belum lagi pengaturan AC sudah menggunakan mekanisme digital.

 

Fitur KIA Grand Carnival ini juga cukup lengkap. Sebut saja wireless charging, USB slot 7 buah, konektivitas Apple Car Play dan Android Auto, sunroof dan panoramic roof, kamera 360, serta ftur radar canggih seperti Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keeping Assist, hingga Adaptive Cruise Control.

 

Langsung saja kita jalankan KIA Grand Carnival ini. Dan hal yang langsung terasa adalah Anda tidak akan sama sekali merasa mengendarai sebuah MPV besar. Selain kamera 360 yang begitu sigap, Grand Carnival ini juga memiliki radius putar yang kecil.

Fitur radar canggih berupa Adaptive Cruise Controlnya juga berfungsi dengan baik. Bahkan menurut kami fitur Adapyive Cruise Control-nya ini bekerja dengan halus serta menjaga jarak dengan mobil depan cukup dekat. Selain itu, fitur Lane Keeping Assist dan Lane Departure Warning bekerja dengan optimal.

 

Soal bantingan suspensinya juga menurut kami sangat baik. Terasa dewasa tapi tidak lemah. Bahkan dengan dimensi yang gambot serta bobot yang berat, Grand Carnival ini masih mampu melakukan manuver ringan dan gejala body roll-nya cukup rendah.

 

Untuk mesinnya sendiri cukup bertenaga. Dengan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc 4 silinder turbo yang memiliki raungan mesin halus, KIA Grand Carnival ini masih mampu melakukan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,9 detik! Yang artinya tidak bisa dibilang buruk.

Namun tentu KIA Grand Carnival juga menyimpan beberapa kekurangan, seperti penggunaan tombol non fisik pada headunit serta di pengaturan AC yang membuat pengguna agak bingung ketika baru pertama kali menaiki mobil ini.

Kesimpulan

KIA Grand Carnival seolah menjadi pilihan lain setelah Indonesia juga kedatangan MPV besar asal Korea Selatan, yakni Hyundai Staria. Tetapi menurut kami, KIA Grand Carnival hadir dengan nilai plus di segala aspeknya. Fitur lengkap, mesin diesel bertenaga, serta bantingan suspensinya sangat baik.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Fitur komplit
  3. Figur tenaga mesin baik

Kekurangan

  1. Tombol non fisik di headunit dan AC kurang user friendly

Spesifikasi

KIA Grand Carnival CRDi Premiere

Harga: Rp 886,8 juta

Kapasitas mesin: 2.200 CRDi diesel turbo 4 silinder

Tenaga maksimum: 202 PS

Torsi maksimum: 441 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

Adit

Adit

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com