Toyota Eco Youth Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Gerakan Berwawasan Kelestarian Lingkungan

Penulis: Suryo Sudjatmiko
Rabu, 1 Mei 2024 06:00 WIB
Berita - Toyota Eco Youth Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Gerakan Berwawasan Kelestarian Lingkungan
Bagikan ke:
Saatnya generasi muda turut berperan aktif dalam dekarbonisasi dan menjadi corong gerakan berwawasan lingkungan

OTODRIVER - Tahun ini Toyota Eco Youth (TEY) memasuki gelaran yang ke 13. Dengan mengusung tema EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi yang berfokus untuk mengajak generasi muda melakukan dekarbonisasi

Acara ini diselenggarakan secara hybrid, bertempat di salah satu lokasi budaya dan sejarah yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta. Dihadiri secara langsung oleh siswa-siswi SMA dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang dan secara daring oleh 25 sekolah perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia.

 Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyatakan, TEY diharapkan tidak hanya sebagai usaha menurunkan emisi. Di samping itu juga dapat menggali dan memanfaatkan peluang-peluang baru untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Upaya dekarbonisasi tentunya memerlukan sinergi semua pihak sehingga meraih hasil nyata, tanpa terkecuali generasi muda sebagai pilar utama bagi kontribusi masa depan bumi yang lebih hijau," ujar Bob Azam.

Setelah menyelanggarakan aktivitas kick off, selanjutnya program TEY dilanjutkan dengan sosialisasi, seleksi proposal, bimbingan proyek, implementasi proyek, dan mentoring. Kemudian penjurian akhir dan pengumuman pemenang.

TEY yang diinisiasi Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor) telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 1.700 SMA dari 34 provinsi di Indonesia sejak pertama digelar pada 2005 silam. Total proposal proyek mencapai hampir 4.000 proposal.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, Toyota terus mengembangkan berbagai cara untuk mencapai netralitas karbon. Salah satunya dengan mengembangkan ide dan inovasi terpilih dari para partisipan TEY.

"Walaupun tantangan masa depan lebih berat, di TEY ini diharapkan dapat memacu semangat kaum muda dalam menemukan ide-ide inovatif dan dapat diterima semua kalangan, sehingga kontribusi masyarakat yang ingin melestarikan lingkungan dengan caranya masing-masing dapat meningkat,” kata Henry.

Program TEY ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Periode registrasi submit proposal dibuka dari sekarang hingga 30 Juni 2024 mendatang.

Finance Administration & Logistics Support Director PT Toyota-Astra Motor Nini Tjandrasa menambahkan, TEY adalah suatu wadah untuk generasi muda mengeluarkan ide, memberikan solusi, yang manfaatnya bisa dirasakan daerahnya masing-masing.

Sebelum anak-anak muda ini mencoba mengeluarkan ide-idenya, kata Nini, Toyota akan membekali mereka dengan berbagai edukasi seperti soal dekarbonisasi dan sustainability.

"Begitu juga bagaimana caranya untuk mempromosikan dengan digital communication yang baik. Ini semua akan kita coba untuk memulai dengan workshop, sebelum teman-teman mencoba untuk menuangkannya dalam ide dan solusi yang memberikan manfaat kepada kita semua," jelasnya.

Foto - Toyota Eco Youth Ajak Generasi Muda Berinovasi Dalam Gerakan Berwawasan Kelestarian Lingkungan
Toyota Eco Youth ke 13

Ajang TEY juga mendapatkan apresiasi dari aktivis lingkungan Swietenia Puspa Lestari. Pendiri Divers Clean Action (DCA) ini menyampaikan, permasalahan lingkungan bisa disebabkan oleh teknologi yang tidak dibangun untuk tidak mencederai lingkungan.

Oleh karena itu, solusi yang dibutuhkan adalah teknologi-teknologi yang dibangun untuk kelestarian alam.

"Melihat dari track record TEY sebelum-sebelumnya, ini kan kayak karya ilmiah naik kelas, di mana dikasih pendanaan dari Toyota, dikasih mentorship. Jadi harapannya lebih banyak inovasi-inovasi di daerah dan tentunya anak-anak muda ini lebih memahami bahwa mereka juga bisa menjadi inovator," pungkasnya. (SS)  

#toyota-eco-youth #ecoactivism #dekarbonisasi

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.