Toyota Celica Akan Hadir Kembali Dengan Mesin 2.0 liter dan AWD?

Kemungkinan akan hadir dengan mesin baru dari Toyota
Penulis: Suryo Sudjatmiko
Selasa, 4 Juni 2024 15:20 WIB
Berita - Toyota Celica Akan Hadir Kembali Dengan Mesin 2.0 liter dan AWD?
Bagikan ke:

OTODRIVER - Kehadiran Toyota Gazoo Racing menimbulkan berbagai rumor akan kebangkitan kembali beberapa nama seperti MR2 dan Celica. Khusus untuk Celica, Akio Toyoda, Chairman Toyota pernah menggungkapkan keinginan untuk memiliki Celica baru. Mobil ini diisukan akan dibangun berbagi platfom dengan Lexus LF-ZC Concept yang tak lain merupakan mobil sport EV murni.

Laporan terbaru dari Japan Best Car, terjadi perkembangan, di mana mobil ini dikabarkan akan langsung menyandang badge GR bakal kembali sebagai mobil bermesin bakar 2.0 liter turbo yang dikombinasikan dengan sistem GR-Four AWD.

Berbincang mengenai mesin, sepertinya ada hubungannya mesin pembakaran internal masa depan yang tengah dikembangkan oleh Toyota.

Di mana The Three Ovals tengah kembangkan mesin 4 silinder 1.5 liter dan 2.0 liter yang cukup fleksibel diakurkan dengan sistem hybrid ataupun berkemampuan menenggak bahan bakar alternatif.

Baca juga : Toyota Siapkan Mesin Baru.Optimis ICE Masih Relevan

The Best Car  sebelumnya pernah mengabarkan bahwa pengembangan mesin tersebut sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu dan telah selesai.

Sejauh ini Toyota sendiri belum memberikan informasi apapun tentang spesifikasinya, namun rumor yang beredar varian mesin turbonya mampu digenjot hingga menghasilkan daya maksimal hingga 400 hp.

Lebih jauh lagi, mesin tersebut pun dapat dikawinkan dengan sistem penggerak AWD yang dapat dicomot dari GR Yaris ataupun GR Corolla.

Saat ini belum ada informasi mengenai wujud model mobil ini namun kemungkinan besar model tersebut akan mempertahankan siluet coupe low-slung dari generasi sebelumnya. Menurut informasi yang belum dikonfirmasi dari Jepang, interpretasi baru Celica kemungkinan akan diresmikan pada awal Januari mendatang, di Tokyo Auto Salon 2025.

Foto - Toyota Celica Akan Hadir Kembali Dengan Mesin 2.0 liter dan AWD?
Toyota Celica Group B besutan Juha Kankkunen di 1984

Mengenai Celica, label ini cukup identik dengan dunia motorsport. Pada pertengahan 80-an, tepatnya pada Celica generasi III diterjunkan pertama kalinya dalam World Rally Championship (WRC) Melalui Celica Twincam Turbo (TA64) yang dikendarai oleh Juha Kankkunen mengisi di Group B. Kiprah di dunia rali dunia pun diteruskan oleh Celica generasi setelahnya sampai pada generasi keenam.

Sayangnya pada 2006, Toyota memutuskan untuk menyuntik mati Celica saat berada di generasi ke tujuh.

Apakah kelak Celica kembali ke kancah WRC? Kita tunggu saja perkembangannya. (SS)

 

#toyota-celica #next-gen-celica #all-new-celica #akio-toyoda

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.