Tes Lengkap : Volkswagen Tiguan Allspace 2023

Tes Lengkap : Volkswagen Tiguan Allspace 2023

OTODRIVER - Volkswagen secara resmi meluncurkan SUV 7 seater andalan mereka untuk pasar Indonesia, yaitu Tiguan Allspace.

Untuk model yang dirilis pada akhir 2023 mendapat beberapa ubahan, seperti penggunaan pelek baru, bumper depan dan belakang baru, serta beberapa ubahan pada interior.

Beruntung, kali ini OtoDriver diberi kesempatan satu minggu untuk menguji performa mobil yang dibanderol Rp 854 juta ini.

Pertama-tama kita mengomentari desainnya dulu, di mana model terbaru tampil lebih sporty berkat bumper yang lebih berkarakter dengan garis-garis tegas serta aksen warna hitam dan chrome yang dibuat beriringan.

Bagian belakang juga dibuat lebih garang, ditambah penerapan pelek dual tone berukurang 20 inci yang memberikan kesan premium.

Masuk ke dalam kabin, kita langsung dimanjakan dengan jok kulit tebal dengan tekstur lembut. Lalu untuk mengatur posisi mengemudi juga terasa mudah, karena pengaturan setir dan jok sudah elektrik, apalagi kaca depan terasa lapang jadi visibilitas terasa sangat baik.

Kemudian mobil ini dilengkapi dengan head unit berukuran 12 inci yang begitu mudah dioperasikan, di situ juga Anda bisa melihat mode berkendara, dan pengaturan kendaraan lain.

Tak perlu menunggu waktu lama, kini kita lajukan mobil ini.

Impresi yang didapat ialah, Tiguan Allspace memiliki pengendalian yang bagus meski ia tergolong mobil yang panjang berkat penerapan 7 seater. Ia punya panjang 4.701 mm, lebar 2.099 mm, tinggi 1.674 mm dengan wheelbase 2.787 mm. Hal tersebut tidak membuatnya sulit dikendalikan.

Bermanuver menggunakan Tiguan Allspace begitu menyenangkan, meskipun suspensi terasa kaku, tidak seempuk Honda CR-V yang merupakan kompetitornya.

Tapi saat dikick down, mobil ini mampu menyemburkan turbo yang begitu instan. Dari mesin 1.400 cc turbonya yang disandingkan dengan transmisi dual clutch 6 percepatan, ia mampu menyemburkan tenaga 150 hp dengan torsi puncak di angka 250 Nm. Hal tersebut membuat kami mampu meraih 0-100 km/jam dalam waktu 10,5 detik.

Dari mesin itu pula, hasil konsumsi dalam kota yang kami peroleh di angka 11 km/liter, sedangkan untuk konsumsi luar kota dengan kecepatan rata-rata 90-100 km/jam, tuntas di 16,8 km/liter.

Tiguan Allspace saat pengetesan OtoDriver

Sebagai pengemudi, Tiguan Allspace begitu menyenangkan. Hanya saja mobil ini belum dilengkapi dengan sunroof atau panoramic roof kemudian ia juga belum punya fitur radar seperti ADAS. Kemudian untuk menggunakan apple carplay, pengguna juga tetap membutuhkan kabel, karena belum wireless. Lalu sebagai penumpang, kami rasa penumpang baris kedua saja yang akan merasa nyaman, karena baris ketiga sangat sempit dan mungkin saja kursinya hanya mampu menampung orang dengan tinggi 150 cm ke bawah.

Kesimpulan

Untuk harga Rp 800 jutaan, Tiguan mengandalkan pengendalian yang baik ketimbang fitur hiburan dan kemewahan di interior. Bagi yang lebih suka mengemudi, Tiguan bisa menjadi pilihan.

Namun jika Anda suka sesuatu yang mewah di dalam kabin seperti head unit berukuran besar dengan fitur lengkap, sun roof dan fitur ADAS, maka Tiguan belum memilikinya.

Kelebihan

  1. Mesin bertenaga
  2. Pengendalian baik
  3. Visibilitas bagus, mantap untuk bermanuver

Kekurangan

  1. Tidak ada sunroof
  2. Belum dilengkapi ADAS
  3. Fitur hiburan minim

Spesifikasi

Volkswagen Tiguan Allspace

Harga: Rp 854 juta.

Mesin: 1.400 cc turbo

Tenaga : 150 hp

Torsi : 250 Nm

Penggerak : roda depan. (AB).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com