Perusahaan Leasing Satu Ini Ungkapkan Mobil Hybrid Lebih Diminati Dibanding EV

Mobil dengan teknologi elektrifikasi kini tengah dijenjot di tanah air.
Penulis: Aditya Widiutomo
Kamis, 27 Juni 2024 06:00 WIB
Berita - Perusahaan Leasing Satu Ini Ungkapkan Mobil Hybrid Lebih Diminati Dibanding EV
Bagikan ke:

OTODRIVER – Mobil dengan teknologi elektrifikasi kini tengah dgjenjot di tanah air. Namun, siapa sangka bahwa mobil eletrifikasi berjenis hybrid lebih diminati dibandingkan ­full  EV?

Salah satu perusahaan pembiayaan kredit mobil, Astra Credit Companies (ACC) mengungkapkan hal tersebut. Menurutnya, porsi mobil hybrid ternyata memiliki permintaan yang lebih tinggi dibandingkan mobil bertenaga listrik murni.

Foto - Perusahaan Leasing Satu Ini Ungkapkan Mobil Hybrid Lebih Diminati Dibanding EV
Toyota bZ4X

"ACC group tahun lalu menyalurkan pembiayaan mobil listrik (elektrifikasi) sekitar 3.000 unit, di kuartal satu ini ada peningkatan cukup baik, di mana sudah mencapai 1.300 unit pembiayaan berbasis listrik, bukan BEV semua, tapi termasuk hybrid, tapi masih dominannya di hybrid, salah satu produk unggulan yang saat ini masih diminati yaitu Innova Zenix," kata Hendry C. Wong, CEO ACC di Bandung Sabtu (22/6).

Pria yang kini tengah menjalankan fit and proper test Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menerangkan beberapa alasan mengapa mobil listrik sangat diminati. 

"Preferensi konsumen saat ini lebih ke hybrid daripada BEV, masalah affordability ya, harga. Kemudian masyarakat Indonesia masih suka yang 7-seater, belum ada. Tapi kalau hybrid, ada Innova Zenix," ungkap dia.


"Biasanya yang membeli mobil listrik mobil listrik itu bukan first car buyer tapi ingin punya second car, third car, terus juga punya kepentingan juga bebas ganjil genap, karena benefit-nya itu. Tapi kalau lihat harga masih tinggi, kalau lihat demand masih hybrid. Porsinya 90 persen hybrid, 10 persen yang murni BEV," tambahnya.

Kendati demikian, ia mengungkapkan anstusiasme Masyarakat akan mobil listrik begitu positif.

"Kita masih real saja, produk yang ada, mobil listrik kita, ya memang produk Astra. Ada produk non Astra kita biayai juga, karena ada beberapa juga demand dari konsumen loyal kita. Terutama ada beberapa konsumen background dari goverment. Itu mereka juga trennya lagi mencari mobil listrik," jelasnya lagi.

Berdasarkan wholesales Gaikindo kuartal pertama 2024, penjualan mobil berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) mencapai 5.023 unit, sedangkan mobil hybrid tembus 13.261 unit. (AW).

#mobil-eletrifikasi #hybrid-vs-ev

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.